Minggu, 18 April 2010 19:39 WIB Klaten Share :

KPU lantik PPK dan PPS

Klaten (Espos)--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten melantik Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gedung Olahraga Gelarsena, Minggu (18/4), menjelang digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Klaten pada September mendatang.

Ketua KPU Klaten, Ngatmin Sumarto Pawiro dalam kesempatan itu mengatakan jumlah anggota PPK yang dilantik mencapai 130 personel yang tersebar di 26 kecamatan. Masing-masing kecamatan terdapat lima anggota PPK. Sementara jumlah anggota PPS mencapai 1.203 personel yang tersebar di 401 desa dan kelurahan. Masing-masing desa atau kelurahan terdiri atas tiga personel. “PPK dan PPS merupakan ujung tombak kesuksesan dari pelaksanaan Pilkada nanti karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Untuk itu, kami mengimbau kepada PPK dan PPS bisa bekerja maksimal agar semua tahapan Pilkada bisa dilalui dengan lancar nantinya,” papar Ngatmin.

Ngatmin mengatakan, langkah awal yang harus dilakukan masing-masing PPK dan PPS adalah mengadakan rapat pleno guna memilih ketua dan pembagian bidang. Setelah rapat Pleno, masing-masing PPK dan PPS diminta membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). PPDP bertugas melakukan validasi data di tingkatan RT dan RW. Dalam hal ini, pihaknya memberikan waktu kepada PPDP untuk bekerja mulai tanggal 24 April hingga 23 Mei mendatang. “Melalui hasil validasi data dari PPDP itu, KPU akan menentukan daftar pemilih sementara (DPS) dalam Pilkada mendatang,” tutur Ngatmin.

Ngatmin menambahkan, pihaknya akan mengumumkan DPS selama 21 hari pada papan pengumuman yang terpajang di depan balaidesa atau balai kelurahan. Pihaknya berharap, warga bisa berperan aktif untuk memastikan dirinya sudah tercatat dalam DPS. “Bagi yang belum terdaftar bisa melaporkan pada petugas PPDP, PPS atau PPK,” ujarnya.


mkd

PBF PT.TIARA KENCANA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…