Minggu, 18 April 2010 15:51 WIB News Share :

Gencet Markus, Polri korbankan polisi berpangkat rendah

Jakarta–Guru Besar Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar melihat adanya ambivalensi di tubuh Mabes Polri dalam membongkar praktek mafia hukum. Ada kecenderungan pejabat-pejabat berpangkat rendah saja yang dikorban.

“Telihat ada kecenderungan orang-orang yang pangkatnya lebih rendah dikorbankan untuk menyelamatkan orang-orang yang pangkatnya lebih tinggi,” kata Bambang saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk ‘Bersihkan Institusi Penegak HUkum dan Ditjen Pajak dari Mafia’ di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jl Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (18/4).

Dikatakan dia, ambivalensi itu tampak juga dengan dibentuk tim independen yang menelisik dugaan markus yang berisi orang dalam di Mabes Polri. Bukan tidak mungkin komposisi itu menyebabkan terjadinya kompromi-kompromi di dalamnya.

Indikasi ketiga, lanjut Bambang, Polri mengusut kasus Gayus Tambunan dan Sjahril Djohan tidak sesuai dengan urutan. Seharusnya, mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji-lah yang diperiksa lebih dahulu karena berkapasitas sebagai pelapor.

“Itu dia yang mencurigakan, karena kalau ada kejadian pidana itu, harusnya yang penting pelapornya dulu yang diperiksa. Ini kan sudah ada di KUHP juga. Harusnya ketika Pak Susno ngomong ada kemungkinan makelar kasus, harusnya dia yang diperiksa dulu,” tandasnya.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…