Soloraya
Minggu, 18 April 2010 - 16:03 WIB

Festival keraton-keraton dunia akan digelar di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)--Perhelatan akbar kebudayaan tingkat dunia akan digelar di Kota Solo Minggu (26/9) hingga Selasa (28/9) mendatang. Acara yang diprakarsai Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tersebut berupa festival keraton-keraton di seluruh dunia.

Penjelasan tersebut disampaikan calon ketua panitia festival, KGPH Dipokusuma, saat ditemui wartawan di Hotel Lor In Jl Slamet Riyadi Colomadu, Karanganyar, Minggu (18/4). Menurutnya, festival keraton tingkat internasional tersebut bakal menjadi gelaran kali pertama di Tanah Air. “Kegiatan ini merupakan <I>event<I> dua tahunan, biasanya dihelat tingkat nasional saja. Tapi di Solo acara akan dilangsungkan tingkat dunia,” ujarnya.

Advertisement

Dia menjelaskan, festival keraton merupakan program Kementerian Kebudayaan Pariwisata (Menbudpar). Selama ini penyelenggaraannya dilakukan berpindah-pindah dari satu kabupaten/kota ke kabupaten kota lain. Untuk pendanaan di-share antara pusat, Pemkot Solo dan pihak ketiga. Konsep kegiatan festival sendiri akan diisi dengan kirab bersama menggunakan busana khas, performances budaya, pameran benda sejarah, serta local genius.

kur

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Festival Keraton
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif