Minggu, 18 April 2010 16:03 WIB Karanganyar Share :

Festival keraton-keraton dunia akan digelar di Solo

Karanganyar (Espos)--Perhelatan akbar kebudayaan tingkat dunia akan digelar di Kota Solo Minggu (26/9) hingga Selasa (28/9) mendatang. Acara yang diprakarsai Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tersebut berupa festival keraton-keraton di seluruh dunia.

Penjelasan tersebut disampaikan calon ketua panitia festival, KGPH Dipokusuma, saat ditemui wartawan di Hotel Lor In Jl Slamet Riyadi Colomadu, Karanganyar, Minggu (18/4). Menurutnya, festival keraton tingkat internasional tersebut bakal menjadi gelaran kali pertama di Tanah Air. “Kegiatan ini merupakan <I>event<I> dua tahunan, biasanya dihelat tingkat nasional saja. Tapi di Solo acara akan dilangsungkan tingkat dunia,” ujarnya.

Dia menjelaskan, festival keraton merupakan program Kementerian Kebudayaan Pariwisata (Menbudpar). Selama ini penyelenggaraannya dilakukan berpindah-pindah dari satu kabupaten/kota ke kabupaten kota lain. Untuk pendanaan di-share antara pusat, Pemkot Solo dan pihak ketiga. Konsep kegiatan festival sendiri akan diisi dengan kirab bersama menggunakan busana khas, performances budaya, pameran benda sejarah, serta local genius.

kur

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…