Minggu, 18 April 2010 16:33 WIB News Share :

500.000 Orang terancam pembebasan tanah di Jakarta

Jakarta–Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan Rp 1,198 triliun untuk biaya pembebasan lahan di Jakarta dalam APBD 2010. Sekitar 500.000 warga Jakarta pun terancam penggusuran.

“500 ribu orang terancam digusur,” jelas Direktur LBH Nurkholis Hidayat dalam jumpa pers di LBH Jakarta, Jl Diponegoro, Minggu (18/4).

Pembebasan lahan ini terkait program Banjir Kanal Timur (BKT), rumah susun, maupun untuk ruang terbuka hijau. Menurut Staf Litbang LBH Jakarta, Edy Halomoan Gurning, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan seluruh anggarannya.

“Dalam APBD 2010, ada 42 item pembebasan lahan. Biayanya Rp 1,2 triliun,” ujar Edy.

Edy menambahkan, dana terbanyak digunakan untuk pembebasan lahan BKT. Jumlahnya mencapai Rp 371 milyar.

“Lalu ada pembebasan lahan untuk rusun di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat, nilainya Rp 74 milyar,” tambah dia.

Selain itu pembebasan lahan untuk koridor MRT, pembebasan tanah di lokasi waduk Pluit, Jakarta Utara, sama-sama menghabiskan dana Rp 60 miliar.

“Lebih dari 50 persen anggaran digunakan untuk membebaskan lahan di Jakarta Timur,” terangnya.

Namun LBH Jakarta mengaku belum mendapatkan data luas tanah yang akan dibebaskan. “Yang kami dapatkan di APBD memang tidak detil. Dalam beberapa item, lokasi pembebasan lahan tidak jelas alamatnya di mana,” pungkas Edy.

dtc/tya

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…