Sabtu, 17 April 2010 15:49 WIB News,Ekonomi Share :

Sepi penumpang, KA Parahyangan tak lagi beroperasi

Jakarta–Gara-gara sepi penumpang, PT Kereta Api Indonesia (PT KA) tidak lagi memberangkatkan KA Parahyangan untuk tujuan Jakarta-Bandung PP, mulai 27 April mendatang.

Kahumas PT KA Daop I Jabodetabek Sugeng, Sabtu (17/4) mengatakan, karena dalam beberapa perjalanan KA Parahyangan penumpangnya sangat sedikit sehingga tidak bisa lagi menutup biaya perjalanan. Maka, pihaknya menutup perjalanan untuk KA Parahyangan.

“Semua rute ke Bandung-Jakarta PP digantikan dengan KA Argo Gede,” jelasnya.

Sugeng melanjutkan, selama ini kepadatan penumpang untuk KA Parahyangan hanya pada hari libur besar seperti Lebaran. Namun, hari-hari biasa, penumpang untuk KA Parahyangan kelas eksekutif 76 orang dan bisnis hanya 204 penumpang.

Sugeng menjelaskan, sebelum dihapus pihaknya sudah melakukan survey. Bahkan, untuk mengantisipasi berkurangnya penumpang PT KA juga sempat menurunkan tarif. Namun, hal itu juga tidak menarik masyarakat untuk menggunakan KA. Sehingga jalan satu-satunya adalah dengan menghapus KA Parahyangan dan mengoptimalkan perjalanan KA Argo Gede.

Sementara itu, Kepala Stasiun Gambir Sofyan Hasan mengatakan, sampai kemarin pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait penghapusan KA Parahyangan. “Kalau memang ada yang memesan tiket pada pemberangkatan tanggal 27 April sudah tidak bisa lagi, yang ada kami alihkan ke KA Argo Gede,” katanya menegaskan.

vivanews/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…