Sabtu, 17 April 2010 12:06 WIB Kuliner Share :

Memanfaatkan kelebihan putih telur

Telur pada umumnya tidak dapat dipisahkan dari rangkaian bahan pembuat roti. Namun sering dijumpai penggunaan putih telur lebih sedikit di banding kuningnya. Rasanya sayang jika harus membuangnya, lantas apa yang harus dilakukan dengan sisa putih telur tersebut?

Anda bisa membuat morinque atau puding busa dari sisa putih telur tersebut. Simpan putih telur dalam wadah tertutup rapat jika tak langsung digunakan. Simpan dalam lemari es dan putih telur bisa tahan hingga 4 hari. Namun bila Anda tidak berencana  atau ingin membuat apapun, maka Anda bisa mengolah putih telur menjadi bahan pelengkap salad.

Cara membuatnya mudah, cukup didihkan air dalam panci besar bersama dengan sedikit cuka. Tuang putih telur dan biarkan air berkurang karena mendidih perlahan-lahan. Biarkan hingga putih telur kelihatan matang. Angkat putih telur dan tiriskan. Simpan putih telur dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam lemari es.

Hal yang sama berlaku juga untuk sisa kuning telur, Anda bisa memasaknya sebagai tambahan untuk sup atau salad. Setelah memisahkan kuning telur dari putihnya, maka beri sedikit air pada kuning telur agar tidak mengering. Ketika tiba saat untuk merebus, maka angkat perlahan kuning telur dari air dan rebus sekitar 5 menit. Angkat telur dari air rebusan dan tiriskan. 10-15 menit kemudian masukkan telur dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam lemari es. Tahan hingga 8-10 hari.

Selamat mencoba!

kapanlagi/ tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…