Sabtu, 17 April 2010 12:06 WIB Kuliner Share :

Memanfaatkan kelebihan putih telur

Telur pada umumnya tidak dapat dipisahkan dari rangkaian bahan pembuat roti. Namun sering dijumpai penggunaan putih telur lebih sedikit di banding kuningnya. Rasanya sayang jika harus membuangnya, lantas apa yang harus dilakukan dengan sisa putih telur tersebut?

Anda bisa membuat morinque atau puding busa dari sisa putih telur tersebut. Simpan putih telur dalam wadah tertutup rapat jika tak langsung digunakan. Simpan dalam lemari es dan putih telur bisa tahan hingga 4 hari. Namun bila Anda tidak berencana  atau ingin membuat apapun, maka Anda bisa mengolah putih telur menjadi bahan pelengkap salad.

Cara membuatnya mudah, cukup didihkan air dalam panci besar bersama dengan sedikit cuka. Tuang putih telur dan biarkan air berkurang karena mendidih perlahan-lahan. Biarkan hingga putih telur kelihatan matang. Angkat putih telur dan tiriskan. Simpan putih telur dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam lemari es.

Hal yang sama berlaku juga untuk sisa kuning telur, Anda bisa memasaknya sebagai tambahan untuk sup atau salad. Setelah memisahkan kuning telur dari putihnya, maka beri sedikit air pada kuning telur agar tidak mengering. Ketika tiba saat untuk merebus, maka angkat perlahan kuning telur dari air dan rebus sekitar 5 menit. Angkat telur dari air rebusan dan tiriskan. 10-15 menit kemudian masukkan telur dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam lemari es. Tahan hingga 8-10 hari.

Selamat mencoba!

kapanlagi/ tiw

lowongan pekerjaan
STAFF SHIPPING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…