Jumat, 16 April 2010 16:43 WIB Internasional Share :

Surat pengunduran diri Presiden Kirgistan ditulis tangan

Bishek – Presiden Kirgistan yang terguling, Kurmanbek Bakiyev, telah secara resmi mengundurkan diri. Para pejabat Kirgistan, Jumat (16/4), mengatakan, surat pengunduran diri Bakiyev ditulis tangan dan telah difax kepada pemimpin baru negara itu, Kamis (15/4).

Pengunduran diri Bakiyev menghilangkan kekhawatiran akan terjadinya perang saudara di negara miskin tetapi strategis di Asia Tengah itu. Bakiyev melarikan diri ke negara tetangga, Kazakhstan, Kamis . Pelariannya meredakan ketegangan di negara itu serta mengakhiri beberapa hari kekacauan yang antara lain menganggu penerbangan militer AS di pangkalan udara Manaz di Kirgistan yang digunakan untuk mendukung operasi di Afghanistan.

Krisis itu juga telah menggarisbawahi adanya persaingan antara Amerika Serikat dan Rusia untuk mendapat pengaruh di Asia Tengah, wilayah luas antara China, Afghanistan, dan Laut Kaspia.

Pemerintah sementara Kirgistan, yang dipimpin Roza Otunbayeva, mengatakan, Bakiyev telah mengirim faks berisi surat pengunduran dirinya Kamis malam dari Kazakhstan. “Saya mengajukan pengunduran diri di hari-hari yang tragis ini karena saya paham tanggung jawab saya untuk masa depan orang-orang Kirgistan,” kata Bakiyev dalam surat itu.

Teks tersebut telah diposting di account Twitter milik Otunbayeva, yang sering digunakan timnya untuk membuat pengumuman. Sebuah foto memperlihatkan Otunbayeva menunjukkan surat itu.

Kepergian Bakiyev telah secara signifikan mengurangi ketegangan di negara miskin bekas republik Soviet itu setelah kerusuhan berdarah pekan lalu yang memicu ketakuatan akan terjadinya perang saudara.

Bakiyev tidak muncul di depan publik sejak melarikan diri. Para pejabat mengatakan, ia berada di kota Taraz, Kazakhstan bersama istri dan dua anaknya. Taraz, sebuah kota yang sepi di Kazakhstan selatan yang berdekatan dengan Kirgistan. Desas-desuslangsung merebak di kota itu setelah Bakiyev datang. Sebuah sumber keamanan setempat mengatakan, Bakiyev telah dibawa ke lokasi rahasia di Taraz. Penduduk lokal melihat iring-iringan jip tanpa plat nomor mobil keluar dari bandara semalam.

kompas.com/ tiw

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…