Jumat, 16 April 2010 15:05 WIB Internasional Share :

Operasi reaktor plutonium terakhir di dunia dihentikan

Moskwa — Rusia  menghentikan operasi dari sebuah reaktor plutonium terakhir yang dapat memproduksi senjata atom. Radio Jerman, Deutsche Welle, Kamis (15/4), yang mengutip keterangan perusahaan atom Rosatom. Reaktor yang dihentikan operasinya itu berada di Schelesnogorsk, di kawasan Siberia.

Langkah penghentian itu demi memenuhi komitmen Rusia pada pertemuan puncak keamanan nuklir di Washington, awal pekan ini. Instalasi di Siberia itu merupakan reaktor terakhir di dunia yang memproduksi plutonium yang dapat memproduksi senjata atom.

Reaktor tersebut mulai beroperasi 46 tahun lalu, dengan memproduksi plutonium sampai tahun 1995.  Terakhir reaktor tersebut memproduksi aliran listrik dan energi untuk pemanasan bagi kota Schlesnogorsk.

kompas.com/ tiw

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…