Jumat, 16 April 2010 17:50 WIB News Share :

Nurdin Halid
Saya cenderung pilih Ruud Krol

Jakarta--Ketua Umum PSSI Nurdin Halid cenderung memilih Ruud Jozef Krol untuk menangani timnas Indonesia sepeninggal Benny Dolo yang telah habis masa kontraknya awal tahun ini.

“Krol memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Alfred Riedl,” katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (16/4).

Menurut dia, sebelum mengerucut pada dua calon pelatih itu, pihaknya menyeleksi tujuh pelatih asing dan dua pelatih lokal. Proses seleksinya juga ketat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan PSSI.

Keunggulan pelatih asal Belanda itu dibandingkan dengan Alfred Riedl adalah pengalaman melatih lebih banyak, selain itu prestasinya juga tidak diragukan lagi. Namun kekurangan dia adalah kurang memahami karakter pemain Asia.

“Krol saat ini masih melatih di salah satu negara di Afrika Selatan. Dia sudah menyatakan kesiapannya untuk melatih timnas Indonesia,” katanya.

Sedangkan Riedl, kata dia, juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan Krol salah satunya adalah memahami karakter pemain pemain Asia. Salah satu buktinya adalah mampu membawa timnas Laos berjaya di arena SEA Games Laos 2009.

Ia menambahkan khusus untuk Ruud Krol pihaknya siap jika harus menggaji mantan asisten pelatih Ajax itu dengan 25 ribu dollar AS per bulan. Gaji itu lebih tinggi dibandingkan permintaan Rield yang hanya 16 ribu dollar AS per bulan.

“Kami akan memutuskan pelatih timnas maksimal akhir April karena awal Mei sudah harus menyiapkan tim untuk beberapa pertandingan internasional,” katanya.

Pelatih yang akan diputuskan akhir April nantinya akan diberi kepercayaan untuk menyiapkan tim untuk pertandingan Pra Olimpiade, Pra Piala Dunia serta untuk SEA Games 2011.

Mantan manajer PSM Makassar itu menambahkan durasi kontrak yang ditawarkan nanti adalah dua tahun. Target utama dari  pelatih yang ditunjuk PSSI itu harus mampu meraih emas pada SEA Games 2011.

Ant/tya

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…