Jumat, 16 April 2010 11:48 WIB Internasional Share :

Gunung berapi di Islandia meletus, penduduk diungsikan

Islandia— Penduduk di dekat sungai Markarfljot diungsikan, setelah letusan gunung berapi mencairkan gletser dan mengakibatkan banjir di Islandia selatan.  Air banjir tersebut memancar dari bawah gletser Gigjokull dan mengalir ke saluran sungai Markarfljot di dekat daerah letusan.

Kecepatan arus rata-rata mencapai 10 kilometer per jam, demikian laporan lembaga penyiaran nasional Islandia, RUV.  “Ada bongkahan es raksasa di sungai, seukuran mobil,” kata surat kabar Islandia, Iceland Review, di jejaringnya, Jumat (16/4).

Pengungsian tersebut, yang dilakukan di 10 desa, berlangsung dengan lancar, kata surat kabar itu. Lembaga Perlindungan Sipil Islandia telah mengirim satu tim pencarian dan pertolongan untuk membantu warga di daerah tersebut.

“Pekerja bangunan jalan yang sedang mengerjakan perbaikan jembatan yang melintasi sungai Markarfljot telah meninggalkan daerah itu,” tambah surat kabar tersebut.

Letusan gunung berapi mulai terjadi di bawah gletset Eyjafjalla di Islandia selatan, Rabu (14/4). Debu gunung berapi sangat mempengaruhi lalulintas udara di banyak negara di Eropa.

ant/rif

LOWONGAN PEKERJAAN
SMK MUHAMMAADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…