Teknologi
Jumat, 16 April 2010 - 12:02 WIB

Awas! TV tiga dimensi berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Teknologi terus berkembang. Bagi yang suka nonot tayangan televisi pun dimanjakan dengan munculnya TV tiga dimensi (3D). Namun seiring makin populernya TV 3D, Samsung memperingatkan wanita hamil, orang mabuk dan yang kurang tidur dilarang menonton, karena bisa mengalami disorientasi.

Perusahaan ini juga mengatakan orang yang berisiko terkena serangan stroke atau serangan epilepsi harus berkonsultasi dengan profesional kesehatan, sebelum menonton TV tiga dimensi.

Advertisement

Peringatan itu muncul saat berbagai produsen TV mendebut sistem hiburan rumahan 3D tahun ini.

Ketika menonton TV 3D, pengguna harus mengenakan kacamata khusus dengan lensa yang membuka dan menutup cepat untuk menghasilkan gambar yang melompat dari layar.

“Menonton televisi 3D juga dapat menyebabkan mabuk, terganggu persepsi setelah terkena efek, disorientasi, mata lelah dan penurunan stabilitas,” kata pesan di situs itu.

Advertisement

“Disarankan pengguna sering istirahat untuk mengurangi potensi efek. Jika mata Anda menunjukkan tanda-tanda kelelahan atau kekeringan, atau jika Anda memiliki gejala di atas, segera hentikan penggunaan perangkat ini dan tidak melanjutkan menggunakannya untuk sedikitnya tiga puluh menit setelah gejala mereda. ”

Pembuat TV juga mengatakan memakai kacamata 3D dalam situasi normal ketika menonton TV 3D, mungkin secara fisik berbahaya bagi Anda dan dapat melemahkan penglihatan Anda.

Peringatan itu menunjukkan bahwa beberapa pemirsa TV 3D dapat menjadi hilang orientasi, di mana mereka bisa jatuh dan melukai diri sendiri.

Advertisement

“Melihat 3D dapat menyebabkan disorientasi untuk beberapa penonton,” kata peringatan itu.

“Oleh karena itu, jangan menempatkan TV Anda di dekat tangga terbuka, kabel, balkon, atau benda lain yang dapat tersandung”.

inilah/rif

Advertisement
Kata Kunci : Membahayakan TV 3D
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif