Kamis, 15 April 2010 19:59 WIB Klaten Share :

Pemkab siapkan Raperda Perlindungan Anak

Klaten (Espos)--Pemkab Klaten menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perlindungan Anak guna memberikan perhatian khusus kepada anak-anak di wilayah kerja mereka. Sebagai langkah awal, Pemkab menggelar focus group discussion (FGD) di lima eks-Kawedanan Klaten, yakni Jatinom, Delanggu, Ngawen, Prambanan dan Pedan.

Demikian diungkapkan Kasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) pada Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Pemkab Klaten, Giyanta saat ditemui Espos di sela-sela FGD di Kecamatan Jatinom. Menurut Giyanto, FGD itu bertujuan mengumpulkan data primer yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan naskah akademik Raperda Perlindungan Anak tersebut.

Peserta FGD itu terdiri atas 25 perwakilan elemen masyarakat. “Mereka akan berdiskusi untuk menggali data tentang gambaran umum pengertian anak, hak, persoalan anak, serta siapa yang bertanggung jawab,” papar Giyanta didampingi anggota Forum Perlindungan Anak Kabupaten Klaten, Erry Pratama Putra.

Erry menjelaskan, selain gambaran umum tersebut, beberapa tema yang dibahas dalam FGD tersebut meliputi penanganan anak berhadapan hukum (ABH), eksploitasi seksual anak (ESA), perdagangan anak, dan anak korban kekerasan. Menurutnya, hingga kini Klaten belum memiliki rumah tahanan (Rutan) khusus untuk anak. Akibatnya, sejumlah tahanan anak terpaksa disatukan dengan tahanan dewasa.

“Kami masih menemukan ada enam anak yang ditahan satu atap dengan tahanan dewasa. Padahal, ini tidak baik untuk perkembangan mental mereka nantinya,” tutur Erry.

mkd

griya mambu kuning, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Kemanusiaan Keluarga Polk

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/9/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, seorang novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Persekusi terhadap warga Rakhine etnis Rohingya di Myanmar…