Soloraya
Rabu, 14 April 2010 - 16:47 WIB

Lakukan pemulihan areal, Pemkab siapkan 100.000 bibit pepaya

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Boyolali akan melakukan pemulihan areal perkebunan tanaman pepaya yang ada di sejumlah sentra produksi pepaya di Boyolali. Program itu dilakukan, setelah adanya serangan hama kutu putih yang merajalela tahun 2009 silam. Saat ini diperkirakan tinggal sekitar 100 hektare (Ha) dari 400 Ha areal yang selamat dari serangan hama tersebut.

Kepala Dinpertanbunhut Kabupaten Boyolali Juwaris mengatakan pemulihan areal akan dimulai pada sekitar bulan Juni atau Juli 2010 mendatang. Hal itu bersamaan dengan masa tanam pepaya di Boyolali.
“Pada tahap pertama Dispertanbunhut akan melaunching sekitar 100.000 bibit pepaya untuk ditanam di areal di Boyolali,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/4).

Advertisement

Ditambahkannya, program pemulihan areal tanaman itu dilakukan sebagai salah satu upaya mengembalikan kejayaan Kota Boyolali sebagai pusat produksi buah pepaya di Tanah Air. Diharapkan, tandas Juwaris, dengan program itu, lahan yang sebelumnya terkena serangan bisa ditanami kembali pohon pepaya.

“Bantuan pemulihan dan pemberian bibit ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, sebagai upaya pemulihan areal lahan perkebunan pepaya di Boyolali,” papar Juwaris.


fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Boyolali Pepaya
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif