Rabu, 14 April 2010 10:54 WIB Ekonomi Share :

Jika tak ubah target, gaji Gubernur BI akan diturunkan

Jakarta— DPR ancam turunkan gaji Gubernur Bank Indonesia (BI), jika tidak berani meningkatkan target pertumbuhan ekonomi di tahun 2010. Anggota dewan menegaskan asumsi makro untuk pertumbuhan ekonomi tahun 2010 yang ditetapkan pemerintah dan BI pada kisaran 5,5-6% harus diubah.

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Golkar Nusron Wahid, dengan kondisi perbaikan ekonomi dunia, Indonesia dianggap masih mampu mencapai target pertumbuhan ekonomi hingga kisaran 6,5-7%. Apalagi untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7-8% hingga tahun 2014.

“Angka 5,5% ini wajib kita ubah jadi 6,5-7%. Apalagi sampai tahun 2014 mencapai 7-8% harus dimulai dari pijakan sekarang,” tegas Nusron dalam rapat pembahasan RAPBN-P 2010 antara DPR dengan Pemerintah dan BI, di Gedung DPR, Selasa (13/4) malam.

Jika BI tidak mampu meningkatkan target asumsinya, Nusron mengancam gaji Gubernur BI akan diturunkan. Ancaman tersebut disampaikan Nusron mengingat BI dianggap tidak mampu melakukan pengawasan terhadap bank dengan munculnya kasus Bank Century.

“Kalau enggak bisa, kita turunkan saja gajinya Gubernur BI karena pengawasannya jelek, sampai ada kasus Century. Ini bentuk reward dan punisment. Kalau perlu kita ubah aturan BI,” ujarnya.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Vaksinasi dan Herd Immunity

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (16/12/2017). Esai ini karya Riris Andono Ahmad, Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Solopos.com, SOLO–Heboh outbreak penyakit difteri dan rendahnya cakupan imunisasi karena penolakan kelompok anti vaksin menimbulkan keresahan…