Rabu, 14 April 2010 10:39 WIB Internasional Share :

Cina Barat dihantam gempa 6,9 skala richter

Beijing — Gempa beruntun menghantam Provinsi Qinghai, Cina Barat, Rabu (14/4) waktu setempat. Demikian keterangan yang diperoleh dari lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Namun demikian, tak dilaporkan dampak kerusakan akibat gempa di kawasan pertanian. Saksi mata menyebutkan rumah-rumah bergoyang keras.

Dalam situs Web, USGS melaporkan kekuatan gempa mencapai 6,9 skala richter menggoyang kawasan di Qinghai selatan, dekat Tibet, Rabu pagi, disusul dua getaran gempa di tempat sama.

Laporan pejabat kantor berita Xinhua yang dikutip Pusat Jaringan Gempa Cina menyebutkan gempa juga memukul desa Yushu, area warga Tibet di Qunghai.

Warga desa Yushu, Gasong Nima  mengatakan kepada stasiun televisi negara CCTV melalui telepon, seluruh warga diungsikan untuk menghindari lumpur dan kayu yang bisa menimpa rumah mereka.

Seorang saksi mata mengatakan, rumah-rumah roboh akibat dihantam gempa. Di taman kecil, menara Budha tumbang ke tanah.

Setiap orang pergi menuju jalan-jalan, berdiri di depan rumah, sebagian mencari keluarga mereka. Sementara gedung-gedung sekolah tidak rusak tetapi murid-muridnya dievakuasi.

Catatan USGS menyebutkan episentrum gempa terletak di 380 kilometer sebelah tenggara Golmud, kota terbesar di Qinghai, dan di kedalaman 10 kilometer.

tempointeraktif/ tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…