News
Selasa, 13 April 2010 - 12:30 WIB

Tiga tim robot cerdas Indonesia gagal raih prestasi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Hasil kurang menguntungkan didapat tiga tim robot cerdas Indonesia, setelah gagal meraih medali dalam kompetisi robot cerdas tingkat Internasional di Trinity College Hartford, Connecticut, Amerika Serikat, 10-11 April 2010.

“Tim robot cerdas Indonesia gagal meraih medali,” kata pendamping tim robot cerdas Indonesia, Endra Pitowarno melalui pesan singkat (SMS) dari AS, Selasa (13/4).

Advertisement

Dosen Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ITS Surabaya itu mengatakan, tiga tim robot cerdas dari Indonesia berasal dari ITB, Unikom (Bandung) dan Unesa (Surabaya).

“Tim robot berkaki dari ITB menduduki peringkat 4, tim robot beroda dari Unikom Bandung menduduki peringkat 8 dan tim robot beroda dari Unesa Surabaya tidak mendapat peringkat,” katanya.

Menurut dia, partisipasi Indonesia dalam kompetisi robot cerdas tingkat dunia memang tergolong baru, bahkan Indonesia juga hanya mengikuti dua (berkaki dan beroda) dari 50-an kategori yang dipertandingkan.

Advertisement

“Tahun lalu, Ditjen Dikti Depdiknas juga mengirimkan tim dalam kompetisi serupa di San Fransisco dengan 70-an kategori, tapi tim Indonesia pun belum bernasib baik,” katanya.

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif