News
Selasa, 13 April 2010 - 20:57 WIB

Jusuf Kalla jadi Penasihat PB NU

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla masuk dalam jajaran dewan penasihat (mustasyar) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2010-2015. “Nama-nama yang masuk kepengurusan sudah dikonfirmasi,” kata Sekretaris Jenderal PBNI Iqbal Sulam di Jakarta, Selasa.

Kepengurusan lengkap PBNU disusun oleh tim formatur di kediaman Rais Aam PBNU KH Sahal Mahfudh di Pondok Pesantren Maslakhul Huda, Kajen, Pati, Jawa Tengah, Senin (12/4). Jusuf Kalla sebelumnya adalah mustasyar Pengurus Wilayah NU Sulawesi Selatan. Ayahnya, H Kalla, merupakan salah seorang perintis NU di Sulawesi Selatan.

Advertisement

Beberapa anggota mustasyar lainnya adalah Prof Dr KH Tholchah Hasan, KH Muchit Muzadi, KH Maimun Zubair, KH Idris Marzuki, KH Dimyati Rois, Prof Dr Nasaruddin Umar, Tuan Guru Turmudzi, dan Fauzi Bowo yang juga gubernur DKI Jakarta.

Sementara di pengurus harian, KH Musthofa Bisri (Gus Mus) dan KH Hasyim Muzadi ditetapkan sebagai wakil rais aam di jajaran syuriah PBNU.

Sedangkan di jajaran tanfidziyah, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj yang terpilih di muktamar lalu didampingi As’ad Said Ali dan Slamet Effendy Yusuf sebagai wakil ketua umum. Di jajaran ketua, wajah lama hanya KH Abbas Muin, selebihnya baru, antara lain Hasyim Wahid atau Gus Im (adik KH Abdurrahman “Gus Dur” Wahid) dan Prof Dr Kacung Marijan, pengamat politik dan akademisi Universitas Airlangga Surabaya.

Advertisement

Secara resmi kepengurusan PBNU belum diumumkan. Menurut Iqbal, pengumuman resmi direncanakan dilakukan Kamis (15/4) sore.


kompas.com

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif