Soloraya
Selasa, 13 April 2010 - 17:05 WIB

DAS Bengawan Solo dihijaukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo akan dihijaukan dengan menanami berbagai jenis bibit pohon. Bibit yang akan ditanam di lokasi tersebut yakni jenis tanaman rakyat.

“Pohon yang punya nilai produksi tinggi dan berdaya guna, sehingga bisa memberikan dampak ekonomis terhadap masyarakat,” kata Agus Sudarto, Ketua Lingkar Rimba Lestari, selaku panitia pelaksana Indonesia Menanam 1 Miliar Pohon dalam jumpa pers di Ruang Podang I Gedung Setda Karangayar, Selasa (13/4) siang.

Advertisement

Terpilihnya DAS Bengawan Solo sebagai lokasi penghijauan lantaran daerah tersebut kini sangat kritis. Jika banjir, banyak menelan korban. Selain itu juga banyak dari kawasan sungai itu yang sudah rusak. Ditegaskan Agus, kondisi itu juga terjadi di DAS Ciliwung dan Citarum. Karena itu, pihaknya menggandeng Kementerian Kahutanan, Pemerintah Karanganyar dan SOLOPOS sebagai media partner kampaye penghijauan itu.

Perlunya penyelamatan di DAS Bengawan Solo karena dua per tiga penduduk Indonesia ada di Pulau Jawa. Sedangkan sungai terbesar di Jawa yakni Bengawan Solo, yang menjadi representasi sungai di Jawa.
Agus menerangkan, saat ini Indonesia memiliki 125 juta hektar hutan. “40 Persennya mengalami kerusakan,” ungkapnya. Karena itu, dalam kampanye Indonesia Menanam 1 Miliar Pohon pada Kamis (15/4) nanti akan berlangsung di dua tempat, yakni alun-alun Karanganyar dan di sekitar Jembatan Jurug.

m87

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif