News
Senin, 12 April 2010 - 17:39 WIB

Ratusan PTS tak miliki LPM

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Ratusan perguruan tinggi swasta (PTS) tidak memiliki Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) yang dinilai penting untuk menunjang kualitas peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Hal tersebut diungkapkan, Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Bambang Sumardjoko, MPd. Dia mengungkapkan dari 218 PTS yang berada di wilayah Jawa Tengah, hanya empat perguruan tinggi yang memiliki lembaga penjaminan mutu diantaranya UMS, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)  dan Universitas Sugiyopranoto. Sementara sejumlah perguruan tinggi lainnya belum memiliki lembaga yang bergerak di bidang penjaminan mutu.

Advertisement

Padahal menurutnya, peran lembaga tersebut penting untuk memantau dan pengawasan kegiatan secara akademik. “Seharusnya PTS tersebut memiliki sistem kepengurusan yang mengawasi terkait dengan penjaminan mutu di bidang pendidikan,” jelas dia ketika dijumpai <I>Espos<I> di Rumah Makan Rasa Mirasa, Senin (12/4).

Dalam ringkasan disertasinya yang berjudul Peran Dosen Dalam Penjaminan Mutu Di Perguruan Tinggi, dia mengatakan peran dosen dalam melakukan Tri Dharma dinilai belum optimal.Dia mengatakan, seorang dosen yang melakukan penelitian minimal satu kali dalam setahun dinilai belum seimbang dengan tugasnya memberikan perkulihan di kelas.

das

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci :
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif