Jalan-jalan di Ho Chi Minh, ruwet tapi mengasyikan

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih tiga jam dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, akhirnya pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandara Tan So Nhat, Ho Chi Minh City. Pada pukul 20.00 waktu setempat (tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Vietnam), Bandara Tan So Nhat, Vietnam, terlihat sepi. Malam itu, hanya ada satu penerbangan internasional yang mendarat di Bandara Tan So Nhat, sehingga antrean di bagian imigrasi tak terlalu panjang. Kami hanya butuh 30 menit untuk terbebas dari imigrasi. Penuh rasa puas, kami tatap paspor yang telah dicap imigrasi Vietnam. Wah, bertambah lagi nih koleksi cap imigrasi dari berbagai negara di paspor !

Tak ada shuttle bus yang bisa membawa penumpang menuju pusat kota. Yang ada hanyalah taksi. Yang membedakannya dari Bandara Adi Soemarmo, ada banyak sekali taksi di Bandara Tan So Nhat. Hanya, kita harus hati-hati. Ada beberapa sopir taksi tak mau menyalakan argo. Jadi, sebaiknya, pilihlah taksi dari perusahaan yang sudah terkenal, yaitu Mai Linh dan Vinasun. Tapi, rata-rata taksi mematok ongkos dari bandara ke pusat kota adalah US$9-US$10 dengan waktu tempuh 30 menit.

Selain tidak memiliki shuttle bus, Bandara Tan So Nhat juga tak memiliki ruang informasi (information centre). Sehingga, bagi turis asing yang baru kali pertama mendarat di Bandara Tan So Nhat, saya jamin bakal kebingungan mencari peta Ho Chi Minh City. Padahal, di KLIA (Kuala Lumpur) dan Suvarnabhumi (Bangkok), kita bisa dengan mudah memperoleh peta atau informasi penting seputar kota yang akan kita kunjungi.

Di tempat ini, saya juga bertemu sesama WNI. Pria beralamat Tangerang yang datang bersama istri dan anaknya itu mengaku sedang menunggu jemputan tour guide. Sayang, kami lupa bertanya nama bapak tersebut. Yang jelas, dia tak dapat menyembunyikan kekagetannya saat mengetahui kami berwisata ke Vietnam dan Kamboja tanpa mempergunakan jasa biro perjalanan wisata atau memanfaatkan jaringan pertemanan.

“Jadi, kalian tidak punya kenalan yang bisa menjemput dan mengantar ke sana kemari? Wah, kalian hebat dan nekat sekali! Kalian berani datang ke negara yang betul-betul asing tanpa mengandalkan kenalan seorang pun!” cetusnya takjub.

Fasilitas angkutan di Ho Chi Minh City yang pernah bernama Saigon itu memang tak selengkap di Kuala Lumpur atau Singapura. Turis harus cukup puas dengan taksi dan tuk tuk. Meski tak didukung sarana angkutan darat yang memadai, Saigon tetap jadi daya tarik turis asing. Ada banyak sekali turis dari ras Kaukasia atau Arya berkeliaran di jalan-jalan Saigon. Untuk bertransaksi, wisatawan bisa mempergunakan dolar Amerika Serikat atau mata uang lokal, Vietnam Dong (VND). Nilai tukar VND terhadap dolar adalah US$1=19.000 VND.

Beragam tempat menarik di Saigon bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Di malam hari, wisatawan bisa menikmati suasana night market yang terletak di Jalan Ben Thanh. Aneka kerajinan khas Vietnam dijajakan di pasar yang buka mulai pukul 18.00 waktu setempat itu. Harga barang-barang di Ben Thanh Market cukup terjangkau. Misalnya, tas bersulam gadis Vietnam dijual dengan harga US$2-US$3 per buah (sekitar Rp 20.000-Rp 30.000 bila diasumsikan US$1=Rp 10.000). Kuncinya adalah kita harus tega menawar hingga 70% dari harga semula.

Sedangkan di siang hari, wisatawan bisa mengagumi keindahan arsitektur Katedral Notre Damme, kantor pos atau Museum Reunifikasi. Kalau ingin punya pengalaman beda, Cuchi Tunnels yang terletak sekitar 1 jam perjalanan darat dari Ho Chi Minh City bisa jadi alternatif. Kalau tak ingin repot, ada banyak agen perjalanan menawarkan one day tour ke Cuchi Tunnels. Harga paket yang dipatok US$4,5 sampai US$5 itu belum termasuk tiket masuk Cuchi Tunnels senilai 75.000 VND (US$1=19.000 VND).

Selain merasakan blusukan di terowongan super sempit bikinan tentara Vietkong, pengunjung juga bisa menjajal arena tembak sasaran yang menyajikan aneka senapan laras panjang dan peluru asli!
Lautan kendaraan roda dua di semua ruas jalan di Ho Chi Minh City benar-benar menguji kesabaran. Jumlah kendaraan roda dua kira-kira dua pertiga dari arus kendaraan di jalan. Mobil bisa dihitung jari. Parahnya lagi, Pemerintah Vietnam tak menyediakan jembatan penyeberangan. Alhasil, kalau ingin menyeberang jalan, pejalan kaki harus berjibaku menembus lautan kendaraan roda dua itu.  (Bersambung)

Oleh: Astrid Prihatini WD

Editor: | dalam: Travel |

Berita Terkait

Iklan Cespleng
  • Dijual CARRY PU

    Dijual CARRY PU Tahun 1990, warna Putih, plat AD-Boyolali, Pajak Baru, harga Rp32.000.000/…

  • Dijual ESPASS SUPERVAN

    Dijual ESPASS SUPERVAN, tahun 1997, plat AD Ac Dobel, harga Rp39.500.000 Orisinil. Hubungi…

  • Dijual YARIS TYPE E

    Dijual YARIS TYPE E, tahun 2007, transmisi Matic, warna silver, interior Orisinil Cat, har…

  • CARWASH BARU ,Mencari Tenaga Pencucian Mobil

    CARWASH BARU ,Mencari Tenaga Pencucian Mobil, Lamaran Ke Jl Gajah Mada 164.

  • SENTOSA REGENCY G10

    SENTOSA REGENCY G10;Mayang Hadap Timur, Cluster, LT88/LB50m, Satpam 24Jm, Ada Canopi Trali…

  • Dicari ADMIN:Wanita

    Dicari ADMIN:Wanita, Berpengalaman, Usia minimal 30tahun. Hubungi:087870370533…

  • DIJUAL 2 UNIT JAZZ

    2 UNIT JAZZ 2011 RP152/2008RP 119Jt 7044006…

  • Dijual ESPASS SLIDING

    Dijual ESPASS SLIDING, tahun 1995, plat AD Body Kaleng, harga Rp33.500.000 FullVariasi. Hu…

  • DIJUAL SPL Audio

    DIJUAL SPL Audio, D Audio, Ampenol, Klotz, Komplit. Hubungi:Dunamis/3078555…

  • Dijual AVANZA G

    Dijual AVANZA G tahun 2008/09 Tangan pertama, barang Istimewa, harga Rp108.000.000 Bisa Tu…

  • Dijual ALL NEW CRV

    Dijual ALL NEW CRV tahun 2008/2007 2.4CC, plat AD Nopil, warna Mocca, interior Orisinil Ca…

  • Dijual KIJANG PU

    Dijual KIJANG PU tahun 1984, plat AD-Sukoharjo, harga Rp30.000.000. Hubungi Purwanto:08132…

  • Dijual rumah belakang GKJ Danukusuman

    Dijual rumah belakang GKJ Danukusuman, Luas:160, 4Kamar Tidur, 2Kamar Mandi, Garas PAM, 22…

  • Dijual PANTHER LS Turbo

    Dijual PANTHER LS Turbo tahun 2011, plat AD, Tangan pertama, Coklat Muda, Bagus, harga Rp1…

  • Dijual XENIA.

    Dijual XENIA. tahun 2011 Xi 1300CC, warna Hitam, transmisi Manual, interior Orisinil Cat,…

  • Dijual FORTUNER

    Dijual FORTUNER, tahun 2008, Solar, transmisi Manual, warna Hitam, barang Istimewa Sekali,…

  • DIJUAL NASMOCO

    DIJUAL NASMOCO Tahun 1990, plat AD, Atas nama Sendiri, harga Rp38.000.000 Bagus Sekali Var…

  • Dicari SALES Horeka

    Dicari SALES Horeka, SMA, Pengalaman, Umur Maksimal 35 tahun. Hubungi:UD Ayla/2771312…

  • Dijual CRZ Hybrid

    Dijual CRZ Hybrid tahun 2013, plat AD Merah, 100% Seperti Baru, Full Orisinil, kilometer 1…

  • Dijual rumah Ck9 Dabukusuman

    Dijual rumah Ck9 Dabukusuman, Luas:160, 4Kamar Tidur, 2Kamar Mandi, Garasi, PAM, 2200W. Hu…

Menarik Juga »