Jalan-jalan di Ho Chi Minh, ruwet tapi mengasyikan

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih tiga jam dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, akhirnya pesawat yang kami tumpangi mendarat di Bandara Tan So Nhat, Ho Chi Minh City. Pada pukul 20.00 waktu setempat (tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dan Vietnam), Bandara Tan So Nhat, Vietnam, terlihat sepi. Malam itu, hanya ada satu penerbangan internasional yang mendarat di Bandara Tan So Nhat, sehingga antrean di bagian imigrasi tak terlalu panjang. Kami hanya butuh 30 menit untuk terbebas dari imigrasi. Penuh rasa puas, kami tatap paspor yang telah dicap imigrasi Vietnam. Wah, bertambah lagi nih koleksi cap imigrasi dari berbagai negara di paspor !

Tak ada shuttle bus yang bisa membawa penumpang menuju pusat kota. Yang ada hanyalah taksi. Yang membedakannya dari Bandara Adi Soemarmo, ada banyak sekali taksi di Bandara Tan So Nhat. Hanya, kita harus hati-hati. Ada beberapa sopir taksi tak mau menyalakan argo. Jadi, sebaiknya, pilihlah taksi dari perusahaan yang sudah terkenal, yaitu Mai Linh dan Vinasun. Tapi, rata-rata taksi mematok ongkos dari bandara ke pusat kota adalah US$9-US$10 dengan waktu tempuh 30 menit.

Selain tidak memiliki shuttle bus, Bandara Tan So Nhat juga tak memiliki ruang informasi (information centre). Sehingga, bagi turis asing yang baru kali pertama mendarat di Bandara Tan So Nhat, saya jamin bakal kebingungan mencari peta Ho Chi Minh City. Padahal, di KLIA (Kuala Lumpur) dan Suvarnabhumi (Bangkok), kita bisa dengan mudah memperoleh peta atau informasi penting seputar kota yang akan kita kunjungi.

Di tempat ini, saya juga bertemu sesama WNI. Pria beralamat Tangerang yang datang bersama istri dan anaknya itu mengaku sedang menunggu jemputan tour guide. Sayang, kami lupa bertanya nama bapak tersebut. Yang jelas, dia tak dapat menyembunyikan kekagetannya saat mengetahui kami berwisata ke Vietnam dan Kamboja tanpa mempergunakan jasa biro perjalanan wisata atau memanfaatkan jaringan pertemanan.

“Jadi, kalian tidak punya kenalan yang bisa menjemput dan mengantar ke sana kemari? Wah, kalian hebat dan nekat sekali! Kalian berani datang ke negara yang betul-betul asing tanpa mengandalkan kenalan seorang pun!” cetusnya takjub.

Fasilitas angkutan di Ho Chi Minh City yang pernah bernama Saigon itu memang tak selengkap di Kuala Lumpur atau Singapura. Turis harus cukup puas dengan taksi dan tuk tuk. Meski tak didukung sarana angkutan darat yang memadai, Saigon tetap jadi daya tarik turis asing. Ada banyak sekali turis dari ras Kaukasia atau Arya berkeliaran di jalan-jalan Saigon. Untuk bertransaksi, wisatawan bisa mempergunakan dolar Amerika Serikat atau mata uang lokal, Vietnam Dong (VND). Nilai tukar VND terhadap dolar adalah US$1=19.000 VND.

Beragam tempat menarik di Saigon bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Di malam hari, wisatawan bisa menikmati suasana night market yang terletak di Jalan Ben Thanh. Aneka kerajinan khas Vietnam dijajakan di pasar yang buka mulai pukul 18.00 waktu setempat itu. Harga barang-barang di Ben Thanh Market cukup terjangkau. Misalnya, tas bersulam gadis Vietnam dijual dengan harga US$2-US$3 per buah (sekitar Rp 20.000-Rp 30.000 bila diasumsikan US$1=Rp 10.000). Kuncinya adalah kita harus tega menawar hingga 70% dari harga semula.

Sedangkan di siang hari, wisatawan bisa mengagumi keindahan arsitektur Katedral Notre Damme, kantor pos atau Museum Reunifikasi. Kalau ingin punya pengalaman beda, Cuchi Tunnels yang terletak sekitar 1 jam perjalanan darat dari Ho Chi Minh City bisa jadi alternatif. Kalau tak ingin repot, ada banyak agen perjalanan menawarkan one day tour ke Cuchi Tunnels. Harga paket yang dipatok US$4,5 sampai US$5 itu belum termasuk tiket masuk Cuchi Tunnels senilai 75.000 VND (US$1=19.000 VND).

Selain merasakan blusukan di terowongan super sempit bikinan tentara Vietkong, pengunjung juga bisa menjajal arena tembak sasaran yang menyajikan aneka senapan laras panjang dan peluru asli!
Lautan kendaraan roda dua di semua ruas jalan di Ho Chi Minh City benar-benar menguji kesabaran. Jumlah kendaraan roda dua kira-kira dua pertiga dari arus kendaraan di jalan. Mobil bisa dihitung jari. Parahnya lagi, Pemerintah Vietnam tak menyediakan jembatan penyeberangan. Alhasil, kalau ingin menyeberang jalan, pejalan kaki harus berjibaku menembus lautan kendaraan roda dua itu.  (Bersambung)

Oleh: Astrid Prihatini WD

Berita Terkait

Editor: | dalam: Travel |

62 Komentar pada “Jalan-jalan di Ho Chi Minh, ruwet tapi mengasyikan”

  1. 12 April 2010 pukul 19:44

    pingin juga nii….muter2 di vietnam dan sekitar nya,soal nya saya punya temen orang vietnam dan saya udah diundang berkali2 tapi timing libur sangat sukar,kalau baca gini ini rasa nya ada support utk jenguk ke negara itu.saya hidup di eropa dan kalau mudik cuma ke kota kelahiran+bali+lombok……..terus balek ke europe lagi,jadi juga pulau2 indonesia yg lain(sumatra,kalimantan,sulawesi….etc..) belum pernah menjajak dgn kaki saya.

  2. semut putih
    13 April 2010 pukul 07:23

    saya juga pengin muter-muter dimana saja, termasuk ke viethnam, soalnya saya pengin kenal gadis vietnam di vietnam, tapi ndak pernah diundang sekalipun, walau waktu saya ada, apalagi ke eropa. Kalau pulau yang pernah saya kunjungi hanya pulau bali, madura, dan pulau panjang di jepara. sama saya juga belum pernah ke sumatra , kalimantan, sulawesi , irian, walau banyak saudara disana

  3. valencia
    30 April 2010 pukul 09:51

    16 mei -19 mei’10 ini aku bareng keluarga (4 org),mau ke ho chi minh nih, tp sama, bingung mau kemana2nya…..please, kasih inputan dong pariwisata di sana yg tidak terlalu jauh karena bawa orang tua,takut kecapean

  4. femina
    11 Mei 2010 pukul 18:57

    wah,saya juga akan berangkat ke Ho chi minh tgl 16-18 Juli 2010. kami berempat cewek2 tanpa menggunakan jasa tour & travel. bingung juga soal sewa taksi,cari tempat makan yg halal,tempat belanja mumer (maklum cewek2). pasti butuh banyak info,nih…

    • ayu
      5 Juli 2010 pukul 13:47

      wahhh…gw juga k’sana tgl 16-21 July 2010
      tapi khusus Ho Chi Minh cuma tgl 16-18 aja, the rest ke Nha Trang sama Hue
      ada info traditional2 market di 3 kota tersebut,,need suggestion..thx

  5. 24 Mei 2010 pukul 16:02

    sy InsyaAllah akan berangkat tgl 28-31 mei ke HCMC, kami ber4,,,dan qt backpackers, walopun disana sudah ada kenalan temen sy yang akan menjadi guide,,
    mungkin bs sharing tempat2 apa lagi yg menarik disana?kebetulan sy jg ingin mengkaji dari sisi ekonomi ,karena disana merupakan negara yang unik.Tks

  6. vely
    24 Mei 2010 pukul 18:51

    Rencana mau ke vietnam Januari thn depan tanpa tour guide. Mbak Astrid, tolong donk infonya org2 di sana byk yg ngerti nggak bhs Inggris, bhs Chinese, atau bhs Melayu kyk di Malaysia? Info ini penting sih bagi kami. Thx.

  7. wilos
    6 Juni 2010 pukul 23:09

    waaah rupanya banyak juga orang kita yang ingin jalan-jalan ke hochiminh city,tips gampang saja kalau untuk yang bag packeran kalian bisa menuju langsung ke jalan de tam / pha mu lo st disana banyak hotel murah dan biro travel yang menyediakan jasa wisata murah dan banyak pilihan tempat wisata.

    • julia
      8 September 2010 pukul 16:12

      dari bandara ke jalan de tam n pa mu lo st itu kira2 berapa duit n berapa lama? sy ada rencana november ini mau jalan2 ke ho chi minh, ada yg bisa bahasa indonesia atau mandarin.thanks

  8. 29 Juni 2010 pukul 09:20

    waaaa.. saya juga pengen ke HCM! ada yang mau bareng??

    • Hary
      28 Januari 2011 pukul 20:31

      Saya mo ke HCMC tgl 4 Peb 2011..kali aja kita bs reunian disana..

  9. itje
    29 Juni 2010 pukul 12:19

    saya d teman2 tgl 21-25 juli mau ke ho chi minch…dari pada di sana bingung ..saya ikut tour dari jkt saja…..biar bisa menikmati liburan

  10. 12 Juli 2010 pukul 00:02

    Insyaallah gw d hanoi 17-19 ho chi minh 21-23 juli, mdh2n lancar2 aj sndri ksna.

  11. susi
    23 Juli 2010 pukul 00:47

    saya mau ke ho chi minh city,rencana berangkat tgl. 26 Juli sd 30 JULI, bisa tunjukan dimana bisa dapet paket tour dengan guide bahasa indonesia ?

  12. julia
    8 September 2010 pukul 16:00

    saya ada rencana jalan2 ke hochi minh november ini, tlg informasi hotel murah n nyaman di ho chi minh dan paket tour dgn guide bahasa indonesia.thanks

    • Buce
      21 September 2010 pukul 16:11

      Yang utama hotelnya di daerah Distric 1..aku sukanya di ELIOS hotel..karna district 1 itu pusat area wisata..ELIOS hotel bintang 3 (USD.50) ada juga sekitar nya lbh murah sekitar 200-300 Dong (Dollar Saigon) 100USD : 1.850.000 Dong..hotelnya bersih dan ber wifi semua..dekat ama Ben Than Market (walking distance )

  13. Theresia Tjakra
    14 Oktober 2010 pukul 19:27

    Sy baru kembali dari Ho Chi Minh akhir September lalu. Kota yang menarik, walaupun tidak banyak yg dapat dikunjungi. Tapi yang paling menonjol dari Saigon ini adalah makanannya Pho, memang tiada duanya. Sy sering makan Pho di Jakarta dan jujurnya, sy tidak terlalu menyukainya, tapi disana Pho nya lain dari yang lain. Ditambah lagi dengan kopi susu Vietnam yang diberi nama Coffe Sue Da, mantappp sekali. Sy dan teman-teman menginap di Hotel Hoang Hai Long 2, di District 1, hotelnya bersih dan baru, berwifi, dan enaknya ketika keluar dari pintu lobby hotel, pasar malam sudah menanti kami untuk hunting souvenir khas Vietnam. Makanan pun banyak pilihan disana. Ben Than Market memang bagus dan lengkap isinya, tapi menurut sy masih mahal, dibanding sy membeli di Tax Mall. Dan pedagang di Ben Than Market pun mengakui mereka menjual lebih mahal karena banyaknya turis yang datang berbelanja disana. Chu chi tunnel layak dikunjungi, karena akan membuka mata kita tentang bagaimana suasana hidup para Vietkong pada masanya. Katedral Dotre Damme berdampingan dengan Kantor Pos yg berdesain sangat klasik. Saran sy, hati-hati saat menyebrang jalan disana, karena benar-benar ribuan motor lalu lalang dijalan, mereka tidak peduli apakah turis atau bukan, jadi kita yg harus hati-hati. So.. have a nice trip..

  14. 13 November 2010 pukul 10:36

    Dear friends,

    Aku mau menambahkan untuk di Ho Chi Minh City (HCMC) sekali2 jangan sampai naik cyclo! Karena sudah banyak korban “berjatuhan” seperti baru2 ini, tgl 5 – 7 Suami dan anak saya kena USD 100, wah itu sih bukan nggak ridho lagi tapi bener2 biar gak barokah deh tuh si tukang Cyclo!

    Penting ini juga disampaikan ke tourism biro yang mengurus perjalanan ke HCMC supaya turis sebangsa dan setanah air tidak tugi dikemplang orang jahat. Memang terutama ketakutan karena di negara orang, takut tiba2 disamurai, nah lho!

    Oia, di Manila pun kawan saya pernah kena dikemplang sopir taxi yang ternyata disana juga sudah seperti sindikat, karena hotel kami di Holiday Inn ke Hard Rock Makati itu ternyata tdk kurang dari 20 menit, tapi waktu berangkat kami diputar2 sampai 1 jam!! Dan pulangnya ke hotel, kawan saya diputar2 hingga ongkos jadi 5x lipat! apes… bener.

    OK, saya rasa untuk traveller dan adventurer seperti kami (saya+fam) agar berhati-hati jika wisata tanpa didampingin travel agent, di negara terdekat kita sekalipun.

    Nurul Shantiwardhani
    nurulshanti@yahoo.com

  15. XsengX
    8 Februari 2011 pukul 23:10

    Saya baru pulang dari saigon liburan sekeluarga, saya mau bagi kekewaan saya terhadap becak/cyclo disana, jangan percaya berapa harga yg diomongin, mereka hanya mejebak kita naik, kami habis us$100 untuk 3 becak/cyclo dari ben thanh market ke war meseum.

  16. saddad
    12 Februari 2011 pukul 22:29

    Saat ini saya masih di HCMC, jika mengunakan ojek dari bandara ke kawasan Bui ven beranilah menawar 50 persen saja…

    • MTyasW
      15 Februari 2011 pukul 19:13

      Saya baru pulang tgl 4 Feb 2011 kemaren dari HCM, mereka biasanya tidak mau turun kurang dari 75 %, kalau naik taxi tarif per orang $ 8, melalui taxi bandara yang ditawarkan dekat pintu keluar bandara.
      Untuk XsengX : betul, semua pernah dikerjain oleh becak Vietnam, caranya sama, jadi bagi yg belum pernah. lebih baik enggak usyah naik becak di Vietnam.
      Jalan kaki lebih nyaman, karena jarak tempat wisata di HCM tidak terlalu jauh.ikuti panduan dari Google map saja.

    • thea
      8 April 2013 pukul 17:40

      kak, boleh mnta alamat yahoo buat aku nanya2 ttg vietnam?

  17. Ino
    27 Februari 2011 pukul 04:08

    saya lagi di HCMC, dan besok mau ke Hanoi. Urusan kantor sih, tapi lumayan jalan-jalannya bisa ngikut, hehe.. kemaren habis dari provinsi soc trang, sekitar 5 jam perjalanan dari HCMC. Lewat jembatan sungai mekong yang panjangnya lumayan mengagumkan.. Oke, buat yang lagi dan akan ke HCMC atau Hanoi, enjoy your trip… bring along your camera…

    • Eve
      22 Juni 2012 pukul 12:58

      Hi Ino salam kenal, boleh donk sharing informasinya tentang perjalanan ke HCMN dan Hanoi, karena saya dan kawan ada rencana ke sana bulan Oct 2012 ini, 4h3m cukup tdk ya sampai hanoi.

      thanks ya ditunggu info-infonya

  18. 2 Maret 2011 pukul 08:30

    Sy dan istri juga kena tipu cyclo (becak). Dari pasar Ben Tanh mau ke kawasan Dong Du, kawasan masjid jame dan makanan halal di Ho Chi Minh, di awal disepakati 15.000 Dong. Diajak mutar2 sampai sy merasa kok jauh amat. Begitu sampai dimintai 150000 persiklo artinya 300.000 Dong. Sy ngotot dan ancam lapor polisi. Akhirnya diminta 150.000 untuk 2 cyclo. Meskipun masih tdk ridho, namun istri sy sdh ketakutan. Ya.. sudahlah.
    Hikmahnya, Lebih baik NAIK TAKSI. Vinasun atau Maylink, bayar sesuai argo begitu sampai. Dijamin lebih murah dan tenang.

  19. joe
    19 Maret 2011 pukul 20:27

    berapa tambang teksi dari bundara ke kota ho chin ming city.

  20. nanunanu
    22 Maret 2011 pukul 15:21

    Saya rencana bln april berangkat ke HCMC. Ada yang punya informasi dan rekomendasi kira2 travel biro mana disana yg bisa di kontak. Rencana ke pnom penh juga. Tolong ya infornya.

  21. Lina B
    30 Maret 2011 pukul 13:35

    Dear Astrid,
    saya dan teman-teman rencananya mau ke Ho Chi Minh selama 5 hari – 5 malam, apakah dapat direcomendasikan dengan jalan-jalan sendiri tanpa menggunakan jasa travel guide seperti yang anda lakukan menarik minat saya untuk jalan sendiri karena sangat irit, tetapi apakah semudah itu karena kendala bahasa dimana mereka limited berbahasa Inggris? apakah saya bisa mendapatkan email address Astrid?

    admin: Silakah cek email Anda.

  22. batavianese
    30 Maret 2011 pukul 21:21

    hi,

    saya ada rencana mau ke HCMC akhir 2011.
    sendirian…. mana lebih baik ? dengan travel wisata atau sendiri saja cukup?

    kalo ke HCMC, perlu bawa US$ juga ? gimana kalo cuma Dong aja ?

    berapa kurs 1 Dong di kurs ke Rupiah ?

    dan pertanyaan terakhir, saya rencananya 4h 3m di HCMC, mahalkah biaya makan/minum/wisata di HCMC ?

    anyway, many thanks for your info.

    Salam,

    admin: silakan berkomunikasi langsung dengan penulis di email ini: astridpwd@gmail.com

  23. Rere
    12 Mei 2011 pukul 20:09

    Vietnam

  24. suisie
    24 Mei 2011 pukul 14:14

    dear astrid.
    saya dan tmn2 rencanya pertengahan 2012 akan ke HCM city. apakah banyak tempat wisata yg menarik disana ? atau kah HANOI lebi enak?

  25. Ros
    27 Juni 2011 pukul 13:27

    Saya dan teman2 akan ke Ho chi minh tgl 4 Juli’11 tanpa mengunakan biro perjalalan. Semua akan diatasi sendiri. Tentu akan menjadi perjalanan yang menyenangkan. Sepulang dari sana saya akan berbagi cerita.

  26. Hari Suseno
    28 Juni 2011 pukul 09:05

    Pemberitahuan khusus untuk wanita, bawalah selalu air mineral dalam botol karena hampir di semua toilet wanita tidak disediakan air/tisu untuk membersihkan najis kalau habis pipis…hiiii…

  27. Michael
    9 Juli 2011 pukul 07:38

    asyiiiik tuh

  28. gintings
    17 Juli 2011 pukul 07:21

    Tanggal 17/07/2011 sy dan anak lelaki jalan dari Phnom Penh ke Ho chi minh city. Pakai bus 12$/ orang. Busnya bagus ada toilet, ac dan cukup nyaman. Lama tempuh 6 jam-an, Kita kesulitan komunikasi bhs. inggris. Kota besar tapi semerawut banyak spd motor yg arogan. Be carefull..

  29. frank
    22 Juli 2011 pukul 13:26

    Numpang comment ya ! Saya di HCMC selama 3 hari Nov 2010 sendirian. Naik Bus dari Pnom Penh ke HCMC selama 7 jam, $10 / org (kira2 Rp.90.000) . Nginap di area Pham Ngu Lao hrg mulai $ 5 / malam (Rp 45.000). Besoknya ikut tour Mekong River seharian sdh termasuk lunch) hrg $15/orang (Rp 135.0000. Hari kedua, halfday tour Chu Chi Tunnel harga $8 / org (Rp 72.000). City tour 1/2 hari $5 / org (Rp 45.000). Bus dari Pasar Ben Tanh ke bandara hanya Rp.3000,/ org dengan waktu tempuh 45 menit. Kesimpulan : harga jauh lebih murah dari JKT, KUL, Bangkok apalagi SIN.

    • 19 Mei 2012 pukul 19:23

      Gimana cara dptin tour yg murah di ho chi minh?! Mau minta rekomendasi penginapan yg murah n stategis donk?!

    • thea
      8 April 2013 pukul 17:36

      kak, boleh mnta alamat yahoonya buat nanya ttg vietnam?

  30. 27 Juli 2011 pukul 14:19

    TOMMY WIJAYA jakarta indonesia
    kami bertiga bulan oktober 2011-4s/d15 mau jalan ke hochimin,tidak menggunakan tour,pikiran sih cari city tour aja di sana,jika ada saran dng waktu sebelas hari itu,sebaiknya trip kemana aja tapi kami tidak ke hanoi,untuk lebih hemat,karena salah beli tiket hanya pp hochimin,rencana: hochimin – phnompen – siamrep – kaboja kali – ayu kita bergabung bersama2 email;tjiatommyw@yahoo.com

  31. 3 Agustus 2011 pukul 17:44

    aku baru kembali dari vietnam HCM (saigon ) 5 malam 6 hari ke beberapa tempat sampai dalat. kesan aku menyenangkan wanita ramah ..kalau nggak bisa bahasa vietnam kerjanya bahasa isyarat hahaha ..soalnya banyak yang nggak bisa bahasa inggis kalau dijalanan. kadang salah maksud terus Hahaha.
    Yang jadi kapaok jalan jalan bawa kamera ..tidak jauh dari Notr Dam ada lapangan .. /taman ..di situ aku di jambret 2 orang pengendara motor .. tarik tarikan kamera ..aku untung pegang kameranya ..dan lepas hampir dia jatuh hahaha nggak ada yang nolongin semua cuma diam saja …untung lah..kata teman vietnam ..sudah diincer muter muter dia.
    susah nggak ada peta untung ada guide jadi bisa tahu mana mana.
    paling asik memeng belanja di Ben Thanh .. masih banyak tempat dikunjungi cuma nulis disini susah hihi…..ingin kembali ke HCM lihat tempat tempat yang menyenangka kearah utara …enaknya pakai mobil carteran bisa berhenti dimana tempat yang di daftar ..pinggir pantai dan pegunungan

  32. widya
    21 Agustus 2011 pukul 14:27

    liburan lebaran ini 29agst-6sept saya mau ke vietnam-ho chi minh.. brsama 5org keluarga. ini pengalaman pertama kali liburan ke sana tanpa tour krn mw lebih hemat..kemungkinan saya juga mau ke phnom penh. butuh info tentang tempat2 wisata yg menarik d hcm n phom penh. ohya makanan2 yang enak disana apa aja yaa?

    thanks,
    dark_angelangel@yahoo.com

  33. Lintang
    1 September 2011 pukul 15:24

    hai tjia tommy wijaya..
    pas banget tuh sama tanggal travel kami bdua ke HCMC.. rencana tgl 6 malam kami baru sampe HCMC dan kembali tgl 9 pagi.. karena pakai acara mampir di spore… klo kita bisa join pas di HCMC seru juga tuh kayaknya…
    kudels_86@yahoo.com
    jakarta

  34. Pratya Wedayana
    27 September 2011 pukul 12:40

    Saya berdua dengan teman akan ke HCM tanggal 8 Nov – 15 Nov’11. Rencananya selain HCM mau ke Da Lat, Da Nang trus lanjut ke Kamboja ke Pnomh Penh dan Siem Reap. Kalo ada waktu, mungkin pengen mampir ke perbatasan Laos.

  35. insan fadhil
    19 Oktober 2011 pukul 16:27

    Saya orang bandung mau ke ho chi min vietnam tgl dari malaysia tgl 8 s/d 10 November 2011 dengan teman sama2 pria,barangkali mau gabung temen2 dari indonesia atau mau ikut di hotel saya bareng nginap gratis karena 1 kamar kosong daerah districk 1 ho chi min thank

  36. Nelly
    27 Oktober 2011 pukul 14:29

    Saya dan suami dari bandung rencana pergi tgl 28 Nov smp 3 Des 2011 ke ho chi minh city, ada yg mau gabung biar bareng2 jalan disana. Kami tidak pakai tour guide tp jalan sendiri aja apalagi banyak pengalaman dari teman2 yg bisa dibaca sepertinya seru juga !!!

  37. Susi Winardi
    29 Oktober 2011 pukul 18:43

    Tanggal 05-10Maret 2012 saya bersama suami akan ke HCMC, sebaiknya dijemput pihak Hotel atau pesan taxi di Bandara ? , katanya sih ada counter Taxi USD8.00 sampai di district I.Jika di pick up oleh hotel sekitar USD20.00.Untuk yang sudah ke HCMC, Tour & Travel yang servicenya baik apa saja ? rencananya saya akan mengikuti daily tour.

  38. sofian gunawan
    31 Oktober 2011 pukul 15:13

    Hallo ibu Astrid & teman2 yg baru dari HCMC/ Vietnam, kami (saya, isteri dan 2 anak dewasa) akan ke Vietnam akhir Nov yad.
    Karena utk pertama kali kami ke HCMC, barangkali ada yg bersedia utk berbagi info melalui email saya sofiangun@gmail.com supaya kami tidak kesulitan dan bisa jalan2 dengan hemat dan bermanfaat selama 5 hari disana. selain ibu Astrid ada Theresia yg saya baca komentarnya baru kembali. Terima kasih, salam.

  39. tashya
    6 November 2011 pukul 15:39

    dear all,

    saya rencana mau ke hcmc bulan des ini. ada yang tau dmana bisa belanja tas-tas kipling yang murah di sana? denger2 kalo di sana tas kipling murah2. thanks.

  40. mimi
    17 November 2011 pukul 20:51

    hallo saya mimi….tgl 22 -26 nov’11 saya akan ke ho chi minh berdua dengan anak laki2 saya yg berumur 11 tahun.kami berdua pergi tanpa ikut tour jadi mohon infonya yg sudah pernah kesana buat daily tour dimana yg bagus dan murah….kami nginap di new pacific distrik 3 kalo gak salah….kalo ada yg bisa merekom tour guide buat saya tolong email ke rachmisy@gmail.com…makasih yaa…..salam mimi

  41. 4 Desember 2011 pukul 01:00

    Saya akan ke ho chi minh,hanoi,ha long bay awal januari 2012,…. Mohon saran,apakah sebaiknya pake tour yg di set dr jakarta atau city tour lokal aja ????
    Masalahnya,klo tour dr jkt biaya cukup mahal 875$ per org selama 10 hari termasuk makan,tiket masuk,dll,… Pokoknya all in TANPA hotel,….ada yg bisa kasih saran???
    Thanks yuda

  42. Sissy Htb
    24 Desember 2011 pukul 20:41

    @Nelly : alamat fb apa yah nel??
    ksh tips2 donk ke vietnam ntar tour wsata nya
    soalna 2 hr ak akan singgah ke Ho Chi Mhin
    @all my friends…tlg ksh info donk..
    kok gk ad yg bls yah
    ???

  43. ann
    6 Maret 2012 pukul 08:18

    Hai friends, bagi info dong, bgmn sebaiknya pilih angkutan dr bandara SGN ke kota Hue.
    Saya berencana pergi ke Vietnam dengan anak 9 th, so nyari yg aman.
    Ada pengalaman pesan hotel melalui agoda, bagi2 info2 dong.

    Tks sebelumnya.

  44. Ruly
    18 Maret 2012 pukul 13:12

    Saudara/i Yth,
    Mohon infonya dong, kalau kita yang WNI akan ke Vietnam, apakah harus memiliki Visa.
    Kalau memang harus, dimana diurusnya. Apakah diperbolehkan untuk mendapatkan “visa on arrival” saat ketibaan di Vietnam.
    Terimakasih atas informasinya, salam….

  45. apgcpd
    29 April 2012 pukul 16:10

    kalo di vietnam, cari hotel yang dekat ben thann market karena kemana mana gampang, sebaiknya naik taxi VinaSun karena taxinya dapat dipercaya dan tidak ada unsur penipuan, jangan naik kayak becak karena harganya sekitar 500.000 dong perjam. harga ini tidak dikasi tau sebelum kita berhenti. Sebaiknya berhati hati.

  46. lia wandania
    14 Mei 2012 pukul 13:10

    kami hanya ber-2 (saya & sepupu) rencana mau ke ho chi minh 3 hr 2 mlm bulan nop’12 tanpa ikut tour. Ini pengalaman pertama x ke vietnam. Apakah ada teman yg mau gabung ? Dlm waktu yg sesingkat itu apakah ada saran dr temen2 tempat wisata mana yg cocok & aman utk kita kunjungi ?

    • 23 Mei 2012 pukul 10:27

      Gw sih.. Waktu itu beruntung bgt. Kenal 3 orang. 2 orang vietnam asli. 1 lg orang philipne . Smpai di than sao nhat. Di jemput.. Di airport. Sm tmn gw. Dkt bgt rmhnya di airport. Lalu. makan di Mall Parkson. Smping airport. Keliatan tuh mallnya.. Kalau mao cari tukang ojek byk bgt. Gak jauh. Jalan kaki ke mall itu jg nyampe.. Klo mao nekat.. Hihi. And smpe sana. Di anterin deh abis makan. Di parkson. Di anterin ke Bui vien. . Rate hotel. Ada yg murah.. 15$ smpai 25$ . Abis.. Itu paginya. Ketmu tmn lagi. Smpet bingung jg sih.. Gw nunjuk caterdal.. Tmn.. Gw kagak ngerti.. Terpaksa.. Gw minta tolong. Pelajar yg lg ada di tmn . Ngomong sm tmn gw. Bahasa vietnam.. Minta di jemput. Di.. Catredal.. And bis itu di ajak.. Muter2 lg…. Seneng jg dapet kenalan.. Dari facebook. Di byrain makan. Sm di jemput lagi.. Di vietnam.. Lalu.. Pas malemnya. Di bui vien. Ketemu tmn jg dari facebook. Orang philipne.. Dia nyamperin nunggu di dpn.. Hotel.. Ajak.. Jalan2 malam.. Sm dia cerita.. Cerita.. Kehidupan.. Dia.. Eh.. Lama2.. Jadi deket deh. Saran gw sih.. Buat yg belum kenal..vietnam.. Cari tmn dulu di facebook. Lalu….inta tolong bake up or.. Tmnin.. Keliling HCMN. Mereka ramah kok.. And gak minta di byarin lg……..and ke dua.. Jgn males nawar.. Di Bhen than market… Bisa boyok.. Harganya mahal.. Untung gw sm orang lokal… Jadi MuraH abis.. Dah gtu.. Gw di sangka orang vietnam.. Gara2.. Ngomong.. Hallo.. And .. How much dalam bahasa vietnam… Hahaha.. Padahal bisanya itu doank.. Itu jg di ajarin.. 1 jam. Suruh aapalinn sm tmn gw itu…selanjtunya tmn gw dah.. Yg nego. Beli barang di pasar…………So yg gw rasain..tips nya Sebelum ke negara orang. Cari tmn dulu di facebook. Baik2in aja…tlp pakai sykpe. Or yahoo.. Gratis kan…..
      And 1 lagi. Di sana facebooknya and yahoonya do block. Hanya orang vietnam yg.. Rajin buka facebook yg tau cara buka unblock.. Di hape.. So.. Jgn harap deh bisa update status.. Kalau gak di setting.. Hpnya dulu

    • Maria
      6 Juli 2012 pukul 15:02

      Aku jadwal ke Vietnam Nov’12 bareng sm sepupu dan teman2. total dari aku 4 orang… Mau gabung?? ^_^

      • nuno
        4 September 2012 pukul 13:54

        Bor, gue juga mo ke vietnam ni nopmeber kalo on schedule..duty dari kantor..and parahnya blom perna kesana dan tau” mengenai itu negara..
        boleh donk share pengalaman disana…add ym and fb ane ya brader : blue_sakura_cloud@yahoo.com
        makasi bgt brader…

      • nuno
        4 September 2012 pukul 14:13

        mau donk,sis…add my fb : blue_sakura_cloud@yahoo.com
        makasi ya sista… :)
        Gbu

      • nuno
        4 September 2012 pukul 14:14

        @ Maria : mau donk,sis…add my fb : blue_sakura_cloud@yahoo.com
        makasi ya sista… :)

  47. 23 Mei 2012 pukul 10:48

    Kalau mao chat add aja.. Ke saya. i_am_anto_mesin@yahoo.com
    Untuk semua.. Yg jelas.. Untuk indonesia.. Gak pakai visa……asik tau ke vietnam.. Lebih asik sendiri…..and gak usah pakai travel…kecuali mao ke mekong delta .. Tp gak enaknya sendiri.. Gak ada yg nemenin. So better… Cari tmn yaa.. Di facebook…. Yg orang vietnam
    15 June 2012 gw mao ke sana lagi… Insyaallah… Mao ke tmu tmn lama.. Kgn dah lama.. Mao ke sana.. Hahahahahaha.

    Hati2 loh kalau ke sana. Orang vietnam 90 % gak bs bahasa inggris… Ke cuali daerah.. Backpaker… Tp mahal2….. Pa lagi naik Ciklo becak itu.. Kt tmn gw yg orang vietnam. Mereka suka bohong.. And minta tambahan uang….. Parah deh…. And lucunya lagi.. Pas di ajak makan . Mie .. Pho vietnam.. Gw ragu2…. Halal apa kagak ya.. Smpai..tmn gw.. Yg orang vietnam sedih.. Gw gak makan itu… Padahal sih kalau di jelasin.. Dari bikinnya pakai sapi.. Or ada tulisan halalnya.. Sih.. Gw.. Makan abis. Alhasil.. Gw pindah.. Makanan.. Yg Roti aja…….smpe gw minta maaf berkali2.. Ke tmn gw.. Gara2 gw kagak makan.. Pho… Eeehh pass mao pulang di ajak Nonton bioskop.. Di smping airport.. Di mall.. Parkson… Wah .. Asik jg tuh.. Bioskopnya keren jg lah…….. And balik deh.. Ke kuala lumpur.. Cari duit lagi buat balik ke indonesia….

  48. nuno
    4 September 2012 pukul 14:03

    saudara-sekalian…ada yg tau distrik penjualan alat” listrik di vietnam tak? tolong info donk…saya nopember ini dpt duty ke sana dari kantor…pusing dah mana belum perna kesana lagi…
    makasi ya semuanya…
    info : blue_sakura_cloud@yahoo.com

Silahkan bergabung untuk diskusi

Email anda tidak akan dipublikasikan.

Iklan Baris
  • RUMAH DIKONTRAKKAN

    Rumah Dikontrakkan,LT 254M2,LB 225M2,7Kmr,3K Mandi, Garasi, Jl.Kencur No.48, Rt 03/11, Kag…

Menarik Juga »