Senin, 12 April 2010 11:56 WIB News Share :

Empat desa di Garut dibanjiri lumpur

Garut–Empat desa di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat dibanjiri lumpur dan pasir yang meluap dari kaki Gunung Putri, sejak Minggu (11/4) sore. Keempat desa tersebut adalah, Desa Mekarjaya, Sukawangi, Panjiwangi dan Rancabango.

Kepala Desa Mekarjaya Asep Setiawan, Senin (12/4) mengatakan, desa berpenduduk 1.500 kepala keluarga (KK) yang dipimpinnya itu merupakan lokasi yang terparah terkena bencana itu.
Menurut dia, tanggul penahan lahar dingin, yang tingginya lima meter, menjadi rata dengan pasir.

Camat Tarogong Kaler Nandang Sulaksana menyatakan, perlu segera dilakukan kajian teknis secara menyeluruh  mulai dari sumber penyebabnya. Setiap tahun terjadi banjir bandang disertai lumpur dan pasir gunung di daerah itu.

Kades Mekarjaya, Asep Setiawan mengatakan, desanya banyak menyumbang pendapatan asli daerah, selain sebagai sentra pertanian sawah dan sayur mayur, juga sentra pembibitan domba garut, dan sumber mata air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

ant/rif

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…