Minggu, 11 April 2010 14:13 WIB Solo Share :

Soal LHKPN, KPU Korwil Jateng janji desak KPK

Solo (Espos)–Belum dikeluarkannya laporan hasil kekayaan pejabat negara (LHKPN) memancing Komisi Pemilihan Umum (KPU) Koordiantor Wilayah (Korwil) Jawa-Bali yang membawahi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) bertindak.

Anggota KPU Korwil Jawa Bali, Endang Sulastri berjanji akan mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menyampaikan LHKPN pasangan calon walikota dan wakil walikota Solo.

Menurut Endang, sesuai dengan peraturan yang berlaku LHKPN harus diketahui masyarakat. Akan lebih baik jika LHKPN itu diketahui masyarakat sebelum digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Saya kira KPK akan segera menyesuaikan. Tapi kami juga akan menghubungi mereka, mendesak mereka agar secapatnya LHKPN itu bisa dikeluarkan. Karena begitulah seharusnya,” kata Endang, saat ditemui wartawan, seusai mengikuti acara pelantikan ketua KPPS se-Solo, di Taman Budaya Surakarta (TBS), Sabtu (10/4).

Kendati berjanji segera bertindak, Endang mengaku dapat memaklumi jika KPK belum dapat mengelurkan LHKPN. Pasalnya, untuk tahun ini Pilkada digelar di 244 daerah se-Indonesia. Sedangkan di Jateng Pilkada digelar di 17 wilayah kota/kabupaten. Lima kota/kabupaten rencanakanya menggelar Pilkada pada bulan April. Banyaknya daerah yang mengadakan Pilkada, sambung Endang, beloh jadi menjadi kendala mengapa hingga kini LHKPN untuk pasangan walikota dan wakil walikota Solo belum dikeluarkan.

Di lain pihak, Ketua KPU Jateng, Ida Budhiati menilai persoalan LHKPN yang hingga kini belum disampaikan kepada publik tidak akan berpengaruh pada tahapan Pilkada. Pada prinsipnya, harta kekayaaan pasangan peserta Pilkada harus diumumkan kepada masyakarat.

tsa

lowongan pekerjaan
NUSANTARA SAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….