Jumat, 9 April 2010 18:07 WIB Karanganyar Share :

Sundep serang 10 kecamatan di Karanganyar

Karanganyar (Espos)–10 kecamatan di Kabupaten Karanganyar terserang hama pengerat batang atau sundep. Hama ini menyerang tanaman padi yang masih berumur muda dan mengancam tanaman menjadi kerdil.

Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) karanganyar, Sugeng Budiyono, saat dihubungi Espos mengatakan serangan hama tersebut masih dalam intensitas ringan dan mudah diantisipasi.

“Masih ringan dan belum mengancam tanaman menjadi kerdil, namun bila tidak segera diantisipasi, tentunya dapat sangat merugikan petani,” katanya, Jumat (9/4).

10 kecamatan itu yakni Kerjo, Mojogedang, Karangpandan, Karanganyar, Matesih, Jatipuro, Jumapolo, Jaten, Colomadu dan Jumantono. Wilayah yang memiliki area serangan terbesar yakni Kerjo, Jumantono, Jumapolo, Jaten, dan Colomadu.

Petani Kebakkramat, Suradi, 43, mengatakan di wilayahnya hingga kini belum terserang hama sundep meski banyak petani yang telah menyemai padi.

m86

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…