Jumat, 9 April 2010 19:03 WIB Issue Share :

SBC jajaki karnaval Rio De Janeiro

Penampilan enam peserta Solo Batik Carnival (SBC) di perhelatan Pasar Malam Indonesia 2010 di Den Haag, Belanda,  Kamis-Senin (1-5/4) kemarin mampu memukau publik mancanegara. Kesuksesan mereka, semakin membuka lebar SBC untuk terus go international.

Hal itu diutarakan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo, Purnomo Subagyo dalam jumpa pers, Jumat (9/4), di kantor Disbudpar. Purnomo yang ikut mendampingi rombongan SBC ke Den Haag mengaku kalau antusiasme publik terhadap SBC tak hanya datang dari masyarakat di Belanda. Namun, juga bagi para tamu yang diundang ke event tahunan yang digelar Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag tersebut.

“Duta besar Indonesia di berbagai negara di Eropa juga diundang di acara itu. Dan dua kedutaan besar, yaitu KBRI Berlin (Jerman) dan KBRI Budapest (Hongaria) melirik SBC untuk ditampilkan di kedua negara tersebut,” beber Purnomo.

Yang paling menarik, Purnomo mengungkapkan kalau, Kementerian Luar Negeri yang juga membawa rombongan SBC ke Den Haag secara gratis tersebut tengah melakukan penjajakan untuk menampilkan SBC ke Negeri Samba.

Menurut Purnomo, Kementerian Luar Negeri bakal mengusahakan agar karnaval kebanggaan wong Solo tersebut bisa tampil dalam parade di Rio De Janerio, Brasil.

Jika hal itu terwujud, pamor karnaval yang mengangkat batik sebagai ikonnya tersebut akan semakin mengkilat. Seperti diketahui, parade di Rio De Janerio merupakan kiblat karnaval yang sangat prestisius di mata publik internasional.

Dalam pergelaran Pasar Malam Indonesia di Den Haag kemarin, menurut Purnomo, wakil Duta Besar Indonesia di Belanda, Umar Hadi mengungkapkan 1,8 juta dari 17 juta publik Belanda memiliki keterikatan sejarah dengan Indonesia.

hkt

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…