Jumat, 9 April 2010 10:49 WIB News Share :

Markus SJ mantan pegawai Deplu

Jakarta – Dalam pertemuan tertutup dengan Komisi III Bidang Hukum DPR, Komisaris Jenderal Susno Duadji menyebut dua inisial. MP, mantan petinggi Polri dan SJ, si makelar kasus.

“Karena memang ada Mr X yang dekat dengan MP. Menurut Susno, Mr X yang berinisial SJ itu mantan orang Deplu (Departemen Luar Negeri),” kata anggota Komisi III DPR Nasir Jamil, Jumat 9 April 2010.

Kendati demikian, kata dia, dalam pertemuan tertutup itu Susno hanya menyebut inisial. Susno tidak merinci siapa orang berinisial SJ itu dalam rapat tertutup kemarin.

“Dia disebut mafia. Kalau ada kasus-kasus, SJ turut merekayasa kasus,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Nanggroe Aceh Darussalam ini.

Kemarin, dalam rapat terbuka Susno menyebut ada kasus baru. Yakni kasus pakan ternak perusahaan ikan Arwana di Pekanbaru, Riau. Kasus ‘Mafia Arwana’ ini disebut memiliki beberapa kesamaan dengan kasus kepemilikan dana mencurigakan Rp 28 miliar, Gayus Tambunan.

“Haposannya sama, Mr X-nya sama. Katanya dia menanam saham di situ,” kata Susno Duadji kemarin. Dalam kasus Gayus Tambunan, Haposan Hutagalung adalah mantan pengacara Gayus yang sudah menjadi tersangka.

Kasus baru Arwana di Pekanbaru itu ternyata membuahkan ancaman bagi Susno. “Terkait ini, maka saya dianggap membahayakan karena dianggap akan mengungkap mafia ini,” ujar Susno dalam rapat terbuka kemarin.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Ketua Komisi III Benny K Harman usai rapat kemarin. Benny mengatakan, Mr X atau SJ ini terlibat dalam kasus perusahaan ikan Arwana di Pekanbaru.

Benny juga mengungkapkan SJ ini adalah swasta dan merupakan orang dekat MP. “Kedekatan ini bisa jadi indikasi walaupun belum pasti tindak pidana,” jelas politisi Demokrat ini.


VIVAnews/ tiw

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…