Jumat, 9 April 2010 15:37 WIB Boyolali Share :

Belum terima surat penetapan, proses pengunduran diri Daryono terhambat

Boyolali (Espos)–Meski para calon Bupati/Wakil Bupati Boyolali telah ditetapkan Kamis (8/4), namun Bupati Boyolali, Sri Moeljanto mengaku hingga Jumat (9/4) belum menerima surat penetapan tersebut dari KPU setempat. Dampaknya, proses pengunduran diri salah satu calon bupati, yakni Daryono dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Boyolali terhambat.

“Ini lucu, sudah ditetapkan kemarin namun sampai sekarang surat penetapan belum kami terima. Padahal surat penetapan itu sebagai syarat yang harus kami lampirkan ke Gubernur,” ujar Sri Moeljanto ditemui Jumat (9/4) di kompleks Pemkab setempat.

Meski demikian, menurut dia, secara prinsip begitu pasangan calon ditetapkan maka pejabat itu harus sudah tidak menjabat. Sedangkan dari hasil kajian di Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), ditentukan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda adalah Mulyatno, yang sebelumnya menjabat Asisten I.

Dengan tidak menjabatnya lagi Daryono sebagai Sekda, maka seluruh fasilitas yang berkaitan dengan jabatan ditarik per kemarin. Daryono yang dicalonkan oleh Golkar dan PKS ini tidak boleh lagi mengendarai mobil dinas. Begitu pula dengan Seno yang mengajukan cuti selama Kampanye.

Selama cuti, calon bupati yang diusung PDIP dan PKB ini dilarang menggunakan fasilitas negara yang berkaitan dengan jabatannya.

“Beliau (Seno) akan menyerahkan sendiri (fasilitas kedinasan) tak perlu diperintah,” lanjut Sri Moeljanto.

Lebih jauh ia memastikan kinerja pemerintahannya yang masih tersisa sekitar empat bulan lagi tak akan terganggu dengan pencalonan Seno dan Daryono. Sepanjang ia tak berhalangan, posisi Wabup tidak begitu krusial. Sementara tugas Sekda bisa dilimpahkan ke PlT Sekda.

kha

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…