Kamis, 8 April 2010 17:26 WIB Pendidikan Share :

Puluhan siswa SD keracunan susu

Purbalingga — Sebanyak 45 murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Grecol, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, keracunan susu, Kamis (8/4).

Sebagian dari 45 murid itu masih menjalani perawatan di Puskesmas Kalimanah, sedangkan siswa lainnya hanya menjalani rawat jalan. Susu kemasan dalam plastik tersebut dikonsumsi siswa yang umumnya kelas dua dan tiga pada jam istirahat.

Mereka membeli susu tersebut dari seorang pedagang di depan sekolah, IT (27) yang berasal dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Akan tetapi setelah minum susu tersebut, para siswa merasa mual dan muntah.

Para orang tua siswa yang anaknya keracunan mendatangi Puskesmas tersebut dengan membawa kelapa muda untuk menetralkan racun. Seorang siswa kelas tiga yang dirawat di Puskesmas, Rina (8) mengatakan, susu itu dibelinya dengan harga Rp 1.000 per bungkus.

“Setelah minum, perut saya terasa mual hingga akhirnya muntah,” katanya. Terkait hal itu, Kepala Puskesmas Kalimanah, Istomo Puji mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab keracunan tersebut.

“Kami belum bisa memastikan apakah karena bakteri atau sebab lain. Namun sampel susu sudah kami ambil untuk diperiksa di laboratorium,” katanya. Sementara itu, Kepolisian Sektor Kalimanah mengamankan pedagang susu tersebut, IT, untuk dimintai keterangan.

Dari keterangan IT, susu tersebut diperoleh dari peternakan sapi perah di kawasan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Menurut IT, susu murni tersebut selanjutnya diberi warna dan aroma rasa buah. Kendati demikian, proses pendinginannya hanya menggunakan es batu yang diletakkan di dalam termos pendingin.

Kompas.com/ tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…