Soloraya
Kamis, 8 April 2010 - 17:24 WIB

MoU kota kembar Wonogiri-Wuming dipastikan lanjut

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri sudah mengantongi surat kuasa (full power) dari Kementerian Luar Negeri untuk menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) kerja sama kota kembar (sister city) dengan Kabupaten Wuming, Provinsi Guang Xi, China.

Tak hanya itu, Pemkab juga sudah memerima tembusan surat Gubernur Jateng H Bibit Waluyo yang ditujukan kepada Duta Besar RI di Beijing, China perihal fasilitasi penandatangan MoU kerja sama <I>sister city<I> itu.

Advertisement

Ini menunjukkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng juga memberikan perhatian khusus terhadap rencana kerja sama tersebut.
Dalam Surat Gubernur No 119/04553 tertanggal 24 Maret 2010 itu dinyatakan bahwa Wonogiri telah siap untuk menjadi tuan rumah penandatanganan MoU dan telah mendapat surat kuasa dari Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa untuk menandatangani MoU itu.

Dalam surat itu, Gubernur juga meminta bantuan duta besar untuk memberikan fasilitasi dalam berkomunikasi dengan Pemkab Wuming guna mempercepat pelaksanaan penandatanganan MoU tersebut.

Berdasarkan dua surat itu, Kabag Kerjasama Sekretariat Daerah Wonogiri, Teguh Setyono, memastikan penandatanganan MoU sister city dengan Wuming akan tetap dilanjutkan.

Advertisement

“Kami sudah siap, semua persyaratan administratif sudah terpenuhi. Sekarang tinggal menunggu kepastian dari pihak Pemerintah Wuming kapan akan datang ke Wonogiri untuk menandatangani MoU itu. Informasi terakhir yang kami terima via Email, Bupati Wuming dijadwalkan datang akhir Mei mendatang,” jelas Teguh, saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/4).

Teguh menambahkan, pihaknya sudah menyampaikan permohonan agar saat datang untuk penandatangan MoU itu, Pemkab Wuming sekaligus membawa tim teknis sesuai bidang yang akan dikerjasamakan. Sehingga seusai penandatanganan bisa langsung dilakukan pembicaraan awal mengenai kerja sama itu.

shs

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif