Kamis, 8 April 2010 15:55 WIB Hukum Share :

Jaksa Cirus Sinaga dicopot

Jakarta – Jaksa Cirus Sinaga akhirnya dicopot dari jabatanyna sebagai Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Selain cirus, mantan Direktur Pra-Penuntutan Kejaksaan Agung Poltak Manulang juga dicopot.

“Dikenakan sanksi pembebasan dari jabatan struktural,” kata Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Hamzah Tadja di Gedung Kejaksaan Agung, Kamis, (8/4).

Menurut Hamzah, Cirus dan Poltak dinilai tidak cermat dalam menangani perkara pajak Gayus Tambunan. Tim pengawas internal Kejaksaan Agung menilai, Cirus dan Poltak merupakan pejabat yang paling bertanggungjawab dalam perkara Gayus Tambunan.

“Ketidakcermatan itu merupakan unsur kesengajaan. Tapi motivasinya apa, kita tidak tahu. Karena kita belum periksa orang luar,” ujar Hamzah.

Dia menyebutkan, keduanya dinilai melanggar pasal 2 huruf f, g, h, serta pasal 3 huruf h Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 1980 tentang Pembatasan Kegiatan PNS.

Tim pengawasan internal kejaksaan yang dipimpin oleh Direktur Upaya Hukum Eksekusi dan Eksaminasi, Suroso, itu telah memeriksa 9 orang.

Dalam kasus Gayus Tambunan, lima jaksa sudah berstatus terlapor. Mereka yakni Cirus Sinaga, Fadil Regan, Eka Kurnia, Ika Safitri, dan Nasran Azis.

VIVAnews/tiw

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…