Kamis, 8 April 2010 17:45 WIB Ekonomi Share :

2010, Jawa-Bali surplus listrik 5.000 MW

Jakarta–Direktur Utama PT PLN, Dahlan Iskan, mengatakan, pada akhir 2010 wilayah Jawa-Bali akan memiliki surplus daya listrik sekitar 5.000 Mega Watt (MW) sehingga tidak terjadi pemadaman bergilir.

“Sekarang kelebihan dayanya sekitar 2.000 MW, akhir tahun ini jadi 5.000 MW,” katanya usai penandatanganan MoU dengan PT Garuda Indonesia di Jakarta, Kamis (8/4).

Menurut dia, tambahan daya sekitar 3.000 MW akan datang dari lima pembangkit listrik milik PLN yaitu dari Rembang, Indramayu, Paiton dan Suralaya masing-masing sekitar 600 MW.

“Akhir tahun ini akan masuk lagi daya tambahan ke sistem Jawa-Bali 3000 MW, sekitar bulan Juli-Agustus lah…” ujarnya.

Dahlan menjamin dengan adanya surplus daya listrik tersebut, jika ada perbaikan pembangkit ataupun kerusakan pembangkit listrik maka tidak akan mengganggu layanan kepada pelanggannya.

“Daya listrik Jawa-Bali sudah sangat cukup, tidak ada lagi byar pet di Jawa-Bali,” tambahnya.

Dahlan menjelaskan, jika terjadi pemadaman listrik nantinya, bukan karena PLN kekurangan daya namun akibat trafo yang rusak atau tiang listrik yang tertimpa pohon tumbang.

“Setelah listrik cukup, kami berupaya bagaimana meningkatkan pelayanan agar tidak ada pohon tumbang lagi. Tahun ini kami juga merencanakan membeli trafo sebanyak 5.500 unit agar bisa cepat mengganti jika ada kerusakan,” jelasnya.

Ia juga menjamin pemadaman listrik yang terjadi akibat hal-hal tersebut maksimal hanya tiga jam saja.

Dahlan mengatakan, total daya yang tersedia untuk Jawa-Bali sekitar 23 ribu MW sedangkan kebutuhannya hanya sekitar 17 ribu MW.

Pemakaian tertinggi dalam sejarah di wilayah tersebut terjadi pada proses penyelidikan kasus dana talangan Bank Century yang disiarkan langsung di televisi pada 3 Maret 2010.

“Waktu kasus Century mencapai puncaknya, kami takut, karena pemakaian listrik tertinggi dalam sejarah PLN. Itu terjadi pada tanggal 3 Maret sebanyak 17.500 MW,” ujarnya.

Biasanya, lanjut Dahlan, pemakaian listrik maksimum di Jawa-Bali hanya sekitar 17.100 MW-17.200 MW.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…