News
Rabu, 7 April 2010 - 12:15 WIB

Siapa Jenderal Bintang Tiga itu?

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta– Rumor adanya keterlibatan jenderal bintang tiga di lingkungan Mabes Polri dalam dugaan mafia kasus pajak semakin santer. Ini bermula dari pernyataan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji yang menyatakan bahwa Brigjen Edmon Ilyas yang pernah menangani kasus penggelapan pajak dan money laundering dengan tersangka Gayus Tambunan, belumlah apa-apa.

Susno menyebut ada yang lebih tinggi dari Edmon. Namun, Susno tak menyebut inisial siapa jenderal yang turut tersangkut kasus tersebut. Anggota Komisi III Bambang Soesatyo pun hanya memberikan petunjuk sumir. Ia mengakui, ada informasi mengenai indikasi keterlibatan jenderal bintang tiga.

Advertisement

Kuatkah indikasi itu? “Ya kalau tidak kuat, tidak akan kita ungkap,” kata Bambang sambil tersenyum, Rabu (7/4), di Gedung DPR, Jakarta. Saat didesak lebih jauh mengenai informasi yang diterimanya, Bambang hanya mengatakan, “Kita tunggu saja hasil pemeriksaan internal Polri,” kata Bambang.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri yang dijadwalkan pekan depan, rumor ini akan menjadi salah satu materi yang akan diklarifikasi. Kapolri, ujar Bambang, akan diminta menjelaskan hasil penelusuran internal untuk menjawab rumor tersebut.

“Ke Polri nanti kami akan meminta penjelasan, benar atau tidak ada indikasi jenderal bintang tiga yang terlibat. Lalu, bagaimana modus mafia pajak yang selalu dilakukan,” kata anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Advertisement

Sebelum mendengar keterangan Polri, Komisi III akan terlebih dahulu mendengar keterangan Susno Duadji yang dijadwalkan pada Kamis besok. Setelah Susno, Komisi III juga akan memanggil Kejaksaan Agung dan pada giliran berikutnya Kepolisian RI. “Polri memang sengaja dikasih belakangan, agar informasi yang dimiliki Komisi III lengkap,” kata Bambang.

Kompas.com/ tiw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif