Rabu, 7 April 2010 11:25 WIB Internasional Share :

Rio de Janeiro banjir, 95 Orang tewas

Rio de Janeiro–Hujan lebat yang mengguyur Rio de Janeiro, Brasil menimbulkan bencana maut. Sedikitnya 95 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan paling deras sepanjang sejarah ibukota Brasil itu.

Menurut pejabat dinas pemadam kebakaran Rio, yang mengkoordinir upaya penyelamatan, sejauh ini 95 orang dipastikan meninggal dan 100 lainnya terluka.

Kebanyakan korban berasal dari daerah-daerah di tepi bukit yang rumah mereka terkubur berton-ton lumpur dan reruntuhan bangunan akibat bencana longsor.

“Kami perkirakan jumlah korban jiwa akan bertambah,” ujar pejabat yang enggan disebutkan namanya itu seperti dilansir AFP, Rabu (7/4).

Hujan lebat tersebut membuat permukaan air terus bertambah hingga membuat jalan-jalan berubah menjadi sungai. Kota Rio yang berpenduduk 6 juta jiwa itu pun lumpuh.

Hujan deras yang turun terus-menerus itu juga membuat pohon-pohon bertumbangan. Rumah-rumah pun ambruk. Walikota Eduardo Paes mengimbau para pegawai untuk tidak pergi bekerja. Sekolah-sekolah pun ditutup.

“Tidak dianjurkan bagi masyarakat untuk meninggalkan rumah,” kata Paes.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengimbau warga Brasil untuk berdoa agar hujan berhenti. “Ini kebanjiran terbesar dalam sejarah Rio de Janeiro, hujan terbesar dalam satu hari,” kata silva kepada wartawan di Rio.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…