Rabu, 7 April 2010 19:21 WIB Klaten Share :

Pemkab akan reklamasi bekas penambangan galian C liar di Lereng Merapi

Klaten (Espos)–Lokasi penambangan galian C di Lereng Merapi yang ditinggalkan para penambang liar mendesak direklamasi. Tahun ini, Pemkab Klaten mengalokasikan dana Rp 90 juta untuk mereklamasi lima titik bekas penambangan galian C di wilayah Kecamatan Kemalang.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Klaten, Ir Bambang Agoestiono, Rabu (7/4), mengatakan, reklamasi perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi lahan yang saat ini kelihatan tandus setelah digali penambang liar.
“Dari hasil survey dan pemetahan lahan, tim menemukan lima titik lahan yang mendesak direklamasi tahun ini.” jelasnya di Klaten.

Dia menerangkan, lima lokasi itu berada di Desa Sidorejo, Tegalmulyo, Kendalsari, Talun, dan Panggang. Ditambahkan olehnya, lokasi lahan bekas penambangan liar jika tak segera direklamasi bisa mengancam wilayah tangkapan air. Dalam jangka panjang, yang merasakan terlebih dahulu adalah warga yang tinggal di dataran rendah.

Bambang menguraikan, bekas penambangan di sejumlah lokasi meninggalkan cekungan dengan kedalaman 10-20 meter dan kondisi di sekelilingnya yang sebelumnya berwujud hutan kini nyaris gundul dari tanaman.

Dengan kondisi tersebut, air hujan yang tercurah diterima sebagai air permukaan dan tidak tersimpan dengan baik di dalam tanah.

Jika dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan Pemkab, pasokan air di dataran rendah akan berkurang dan berpotensi terjadi krisis. Menurut Bambang, setiap tahun diupayakan reklamasi, namun disesuaikan dengan ketersediaan dana. Dikatakan dia, alokasi APBD 2010 senilai Rp 90 juta akan digunakan membeli bibit pohon keras dan ditanam secepatnya.

rei

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN INDUSTRI PLASTIK, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…