Rabu, 7 April 2010 15:53 WIB Boyolali Share :

Kutu putih menjadi momok petani pepaya

Boyolali–Hama kutu putih masih menjadi momok bagi para petani pepaya di Boyolali. Sejak menyerang ratusan hektare ladang pepaya di Boyolali lebih dari setahun lalu, hama yang memiliki sebutan thrips ini hingga sekarang belum bisa diatasi.

Akibatnya, sejumlah petani pepaya belum berani menanam pepaya dan memilih menanam tanaman lain seperti singkong. Meski juga diserang hama yang menyedot cairan tanaman inang, namun tanaman singkong masih memiliki ketahanan dan tidak mati.

Salah satunya Margono, petani pepaya asal Desa/Kecamatan Mojosongo. Ditemui Rabu (7/4) ia mengatakan masih trauma untuk menanam pohon pepaya. Sejak gagal panen akibat terserang hama tersebut beberapa waktu lalu ia enggan menanam pepaya.

“Tidak hanya saya, tapi juga beberapa petani pepaya lainnya. Katanya kalau hujan turun maka hama akan lenyap, namun kenyataannya meski hujan turun hama tetap ada,” paparnya.

Hal senada diungkapkan petani pembibitan pepaya asal Desa Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Suryono. Ia mengaku usaha pembibitannya agak sedikit sulit lantaran hama kutu putih masih belum bisa dibasmi. Meski masih menjalani usaha pembibitan, namun jumlahnya lebih sdikit.

“Belum berani memesan bibit untuk ditanam. Sekarang justru yang banyak pesanan bibit dari luar kota seperti Cirebon, Karanganyar dan Klaten,” ujar Suryono.

kha

lowongan pekerjaan
PT. SARANA SURAKARTA VENTURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…