Rabu, 7 April 2010 20:23 WIB Karanganyar Share :

Buruh se-Karanganyar desak penerapan Jamsostek

Karanganyar–Serikat buruh di Karanganyar mendesak agar dua RUU tentang jaminan sosial untuk buruh segera disahkan. Mereka menuding, selama ini banyak perusahaan atau badan usaha yang tidak memberikan jaminan sosial apapun untuk para pekerjanya.

Desakan tersebut mengemuka dalam pertemuan serikat buruh dan serikat pekerja se-Karanganyar, Selasa (6/4) malam. Dalam pertemuan tersebut, mereka mengkritisi draf RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial berikut revisi UU Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Berbagai elemen buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Buruh Karanganyar ini juga mengungkapkan bahwa selama ini hak-hak sosial buruh banyak yang terabaikan.

“Ada banyak sekali perusahaan yang tidak menerapkan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek-red), padahal itu adalah kewajiban mereka,” kata Koordinator Forum Serikat Buruh Karanganyar, Jumhari, saat menghubungi Espos, Selasa malam.

Menurutnya, selama ini banyak kelemahan dalam aturan tentang penerapan jaminan sosial untuk para buruh. Kelemahan inilah yang dijadikan celah sehingga banyak perusahaan yang tidak menerapkan Jamsostek pada para pekerjanya. Oleh karena itu, lanjutnya, dalam pertemuan tersebut berbagai serikat buruh juga membuat draf baru untuk menyempurnakan RUU saat ini.

ama

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…