Selasa, 6 April 2010 11:18 WIB News Share :

Ratusan turis mancanegara ke makam Gus Dur

Jakarta — Ratusan turis mancanegara dipastikan menghadiri peringatan 100 hari meninggalnya mantan Presiden RI,  Kiai Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang akan digelar di kompleks pemakaman Gus Dur di Pesantren Tebuireng, Jombang, pada Kamis malam (8/4).

“Beberapa biro perjalanan sudah kontak kami, mayoritas turis yang akan ke-Jombang berasal dari Malaysia dan Brunei,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Jatim, Djoni Irianto, Selasa (6/4).

Berdasarkan data kedatangan di Bandara Juanda Surabaya, hingga saat ini telah ada 250 warga Negara Malaysia yang datang dengan tujuan ke Jombang.

Menurut Djoni, kedatangan turis asing ke Makam Gus Dur akan terus mengalir hingga Rabu besok. ”Peringatan 100 hari kan malam Jumat, informasi dari biro perjalanan masih ada ratusan lagi turis dari Malaysia dan Brunei yang akan datang hingga hari rabu,” tambahnya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kedatangan turis ke kompleks makam Gus Dur, pemerintah akan segera merenovasi kompleks tersebut untuk dijadikan pusat wisata religi seperti wisata Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Bonang di Tuban, Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim di Gresik, serta Sunan Drajat di Lamongan.

Tempointeraktif/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…