Selasa, 6 April 2010 16:44 WIB Ekonomi Share :

Penjualan tiket di Solo Balapan bakal gunakan EDC

Solo–Stasiun Solo Balapan bakal menggunakan mesin electric data capture (EDC) untuk melakukan transaksi pembayaran tiket kereta bisnis non lokal dan eksekutif. Direncanakan, mesin EDC tersebut mulai dioperasikan Jumat (9/4).
Kepala Stasiun Solo Balapan, Djuhandri, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (6/4), menyampaikan penggunaan mesin EDC ini merupakan kerja sama PT Kereta Api (KA) Indonesia dengan Bank Negara Indonesia (BNI). Dan untuk sementara, penggunaan mesin EDC ini masih terbatas di 10 stasiun penting di Indonesia. Di Daop VI Yogyakarta, baru Solo Balapan dan Stasiun Tugu yang direncanakan mengoperasikan EDC.
“Jadi, penggunaan mesin ini nanti untuk pelanggan-pelanggan yang ingin langsung memanfaatkan kartu debet atau kartu kreditnya untuk melakukan pembayaran tiket,” tutur Djuhandri.
Sementara untuk teknis operasional, Djuhandri menjelaskan, bahwa berdasar arahan dari pihak bank maka yang menggesekkan kartu di mesin EDC adalah petugas loket. Tidak perlu memasukkan pin kartu, melainkan hanya kode area stasiun, untuk mengetahui nilai transaksi di setiap stasiun.
“Setelah pelanggan mendapatkan slip transaksi juga akan tetap mendapatkan tiket. Slip itu hanya bukti transaksi.” Ia menjelaskan, pemegang kartu kredit atau kartu debet yang tercantum logo ATM Bersama atau Cirrus maka sama bisa memanfaatkan mesin EDC itu. “Tetapi, apakah ada biaya tambahan atau tidak kami kurang tahu,” ujar Djuhandri.

haw

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…