Selasa, 6 April 2010 11:06 WIB News Share :

Kepala Bulog Jateng didesak mundur

Semarang – Sekitar 15 orang dari Perhimpunan Rakyat untuk Reformasi Sosial (Progres) Jawa Tengah, Selasa (6/4) pukul 10.00 WIB, menggelar unjuk rasa menuntut Kepala Badan Urusan Logistik Divre Jawa Tengah Harry Sahda mundur dari jabatannya karena dinilai gagal menyediakan beras untuk masyarakat miskin (Raskin).

Unjuk rasa digelar mulai dari Air Mancur Jalan Pahlawan menuju ke Kantor Bulog Jawa Tengah Jalan Menteri Supeno. “Jawa Tengah merupakan provinsi agraris dan sentra pangan, tapi kenapa beras raskin yang diberikan masyarakat berkualitas buruk dan berbau apek,” tegas Koordinator aksi Dian Supratikno.

Aksi kali ini sebagai buntut ditemukannya beras apek dalam sidak yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo di Bulog Solo. Saat itu, Bibit marah karena di dalam gudang Bulog banyak sekali beras berkualitas buruk.

Selain berorasi secara bergantian dan membawa berbagai poster, pengunjuk rasa juga menggelar aksi teaterikal di depan kantor Bulog Jawa Tengah. Mereka membawa gabah dan beras dua sak dan dua ayam. Tiba-tiba, ayam tersebut mati di dalam gabah.

Dian menyatakan, aksi ini untuk menggambarkan ayam ternyata bisa mati di lumbung gabah. “Ini sama saja yang terjadi di Jawa Tengah. Daerah ini sangat kaya pertanian dan sentra pangan tapi kenapa masyarakat masih banyak yang lapar,” kata Dian.

Para pengunjuk rasa juga menengarai adanya mafia yang bermain dalam berbagai pengadaan di Bulog. Pengunjuk rasa meminta agar Gubernur Jawa Tengah membentuk tim independen pemantau kualitas beras dari unsur petani, mahasiswa dan lembaga swadaya masyarakat.

Tempointeraktif/tiw

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…