Selasa, 6 April 2010 17:38 WIB Wonogiri Share :

Balita kurang gizi butuh uluran bantuan

Wonogiri–Sekilas Balita bernama Salma Fatimatuzzahro ini tampak seperti anak umur tiga tahun pada umumnya yang sehat dan lincah. Namun, menurut hasil pemeriksaan pihak Puskesmas dan Posyandu, puteri ketiga pasangan Suranto, 42, dan Mudgi, 39, warga Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri ini mengalami kekurangan gizi. Hal itu terlihat dari berat badan (BB)-nya yang tidak sesuai dengan usianya.

Berat badan Salma saat ini 11 kg sedangkan tinggi badannya 83 cm. Untuk balita berumur tiga tahun normalnya memiliki berat badan minimal 13 kg. Dengan demikian, Salma masih kekurangan berat badan sekitar 2 kg.

Orangtua Salma sudah mengupayakan berbagai cara untuk meningkatkan gizi anaknya sesuai dengan batas kemampuan ekonomi keluarganya yang termasuk kategori keluarga kurang mampu. “Tapi Salma ini kalau disuruh makan susahnya minta ampun. Dia juga sering sakit, batuk, pilek, panas dan sebagainya,” jelas Mudgi, saat ditemui di rumahnya, Selasa (6/4).

Kader Posyandu setempat, Sri Suyatmi, mengatakan, kebanyakan Balita di daerah itu memang mengalami kesulitan makan, sehingga banyak yang mengalami kekurangan gizi. “Kami menduga itu karena sekarang ini banyak jajanan yang membuat perhatian anak-anak teralihkan dari makanan sehat dan bergizi. Untungnya kebanyakan anak kurang gizi itu tidak menderita penyakit,” ujar dia, kemarin.

Berdasarkan data yang diperoleh Espos dari Kantor Kecamatan Selogiri, ada 13 bayi di bawah lima tahun (Balita) tercatat mengalami kekurangan gizi dilihat dari berat badan dibandingkan usia maupun tinggi badan. Mereka tersebar hampir semua kelurahan/desa dan delapan di antaranya berasal dari keluarga miskin (Gakin) yang membutuhkan uluran bantuan.

shs

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…