Senin, 5 April 2010 20:31 WIB News Share :

Rawa Pening meluap, petani di 2 kecamatan terancam paceklik

Ungaran (Espos)–Sejumlah petani di Kecamatan Banyubiru dan Tuntang, Kabupaten Semarang mengeluhkan belum surutnya luapan air Rawa Pening yang menggenangi puluhan hektare sawah mereka. Para petani itu pun terancam mengalami paceklik lantaran gagal panen.

Ketua Paguyuban Tani dan Nelayan Sedyo Rukun Tuntang, Kasiyan, mengungkapkan setelah terendam lebih dari empat hari dipastikan tanaman padi mereka rusak. Sementara genangan air dari luapan Rawa Pening di ratusan hektare tanaman padi di empat kecamatan sejak sepekan lalu hingga Senin (5/4) masih belum juga surut.

“Jika harus menanam kembali dengan benih baru pun tidak bisa panen, karena air masih menggenang. Kemungkinan para petani disini akan mengalami paceklik,” keluhnya kepada wartawan, Senin (5/4).

Seperti diketahui, lahan pertanian seluas 198 hektare di empat kecamatan di Kabupaten Semarang mengalami gagal panen pada masa tanam pertama tahun ini lantaran terendam luapan air Rawa Pening. Ratusan hektare sawah lainnya pun terancam puso karena penyebab yang sama.

Keempat kecamatan tersebut adalah Ambarawa, Banyubiru, Tuntang dan Bawen. Wilayah kecamatan itu mengelilingi Rawa Pening yang memiliki luas 2.670 hektare (Ha).

Menurut data dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Semarang meningkatnya elevasi Rawa Pening telah merendam sedikitnya 313 Ha lahan pertanian di sekitarnya. Lokasi paling parah terjadi di wilayah Banyubiru yang mencapai 166 Ha.

Sawah yang terendam itu ada di Desa Rowoboni, Banyubiru, Kebondowo, Kebumen, Tegoran dan Ngrapah.

kha

lowongan pekerjaan
PT Saka Jaya Enggal Cipta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Komodifikasi Hoaks

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Senin (11/9/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Berita tentang Saracen, kelompok yang diduga sebagai salah satu pelaku penyebarluasan konten…