Senin, 5 April 2010 14:54 WIB News Share :

Pembongkaran ulang makam Tan Malaka belum pasti

Kediri — Pemerintah Kabupaten Kediri belum menerima kabar kelanjutan rencana pembongkaran ulang makam Tan Malaka di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Rencananya Departemen Sosial Jakarta akan menelusuri kembali jejak Tan Malaka yang tidak berhasil diungkap oleh Zulfikar Kamarudin, keponakan Tan Malaka.

Juru bicara Pemkab Kediri Eko Setiono mengatakan hingga saat ini Departemen Sosial belum memberitahukan kapan penelusuran ulang itu dilakukan. Karena itu pemerintah daerah tidak akan melakukan persiapan apapun untuk mendukung pembongkaran makam yang terletak di kaki Gunung Wilis tersebut. “Tidak ada kabar lagi dari Jakarta,” kata Eko kepada  Senin (5/4).

Sebelumnya dua anggota tim Departemen Sosial melakukan kunjungan ke kompleks makam umum di Desa Selopanggung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Tim tersebut bermaksud menelusuri kembali keberadaan Tan Malaka dan melakukan pembongkaran ulang di lokasi yang sama. Hal ini berdasarkan keterangan sejumlah sesepuh desa yang meyakini jika makam tokoh sosialis ini terkubur tidak jauh dari makam yang dibongkar Zulfikar Kamarudin.

tempointeraktif/tiw

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.Japantech Indojaya, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…