Senin, 5 April 2010 15:25 WIB Hukum Share :

Overdosis pil koplo, tahanan derita lumpuh

Lumajang–Terlalu banyak mengkonsumsi pil koplo, narapidana kasus pengedar pil koplo, Mochamad Zaini, 23 tahun, warga Desa Karangbendo, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, menderita lumpuh.

Zaini menjalani masa-masa akhir hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 2B Kabupaten Lumajang dengan berbaring di tempat tidur di ruang isolasi lapas.

Kepala Seksi Pembinaan Anak Didik, Narapidana dan Program Kegiatan Lapas 2B Lumajang, Martono siang ini (5/4) mengatakan, sejak tiga bulan terakhir ini Zaini hanya bisa tengkurap di tempat tidur.

Narapidana yang dihukum setahun penjara gara-gara terlibat peredaran pil koplo ini dirawat oleh ibunya di ruang isolasi lapas.

“Untuk sekadar duduk, berdiri atau berbaring dia tidak bisa. Sehari-harinya dirawat oleh ibunya. Makan, mandi maupun buang hajat, semuanya dibantu oleh ibunya,” ujarnya.

Menurut keterangan medis pihak Rumah Sakit Bhayangkara Kabupaten Lumajang, kata Martono, narapidana ini kehilangan tulang penyangga.
“Tulang rawan di bagian pinggang tidak ada. Sehingga pinggangnya tidak bisa ditekuk. Untuk gerak saja, dia merasa kesakitan,” kata Martono.

Dia menambahkan bahwa penyakit Zaini ini tidak bisa disembuhkan. “Tidak ada obatnya,” katanya. Sejauh ini, Zaini hanya menerima obat penghilang rasa nyeri.

“Setiap sepuluh hari sekali, Zaini mendapat perawatan kesehatan,” katanya.

Martono mengatakan Zaini terlalu banyak mengonsumsi pil koplo. “Dia terlalu banyak mengonsumsi dextro,” kata Martono.

Kondisi kesehatan Zaini sebenarnya normal, namun tidak adanya tulang penyangga di bagian pinggang membuatnya lumpuh. Zaini, lanjut Martono, saat ini hanya tinggal menjalani hukuman subsidernya saja. “Akhir April ini dia sudah bebas,” kata Martono.

tempointeraktif/fid

lowongan pekerjaan
PT. Monang' Sianipar Abadi ( MSA KARGO ), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…