Minggu, 4 April 2010 17:57 WIB Kuliner Share :

Tak lengkap bila tiada sambal

Sajian yang satu ini selalu hadir menemani berbagai menu kremes andalan. Ditilik dari bentuknya memang terlihat sepele, tapi percayalah tanpa kehadiran sajian yang satu ini menu kremesan terasa kurang lengkap.
Sambal. Ibarat dangdut dengan goyangannya, ayam goreng kremes dan sambal pun saling melengkapi. Apabila disantap bersama, ditambah lalapan seperti kemangi dan irisan mentimun, rasanya tentu makin mantap.

Soal kehadiran sambal sebagai pelengkap, semua penyedia menu kremesan ternyata bersepakat. Aneka pilihan sambal pun disiapkan untuk pilihan teman menyantap menu kremes.
Di Warung Ayam Goreng Kremes Wiwik Kusno misalnya tersedia dua macam sambal yaitu sambal tomat matang dan sambal bawang. “Sambal tomat biasanya jadi pilihan bagi pelanggan yang tidak tahan pedas. Sementara sambal mentah rasanya jauh lebih pedas,” kata Wiwik, pemilik warung.

Nyaris serupa, Warung Ayang Goreng Tulang Lunak Kremes Mbak Titik juga menyiapkan dua pilihan sambal, yaitu sambal bawang dan sambal terasi. “Sambel terasi warung kami paling istimewa, peminatnya banyak. Bahkan ada pelanggan yang minta agar sambalnya dibungkus,” kata Titik, pemilik warung.

Sambal terasi ini sesuai dengan lidah wong Solo, yang umumnya tidak tahan dengan pedas. Sementara itu sambal bawangnya memiliki rasa pedas yang agak menyengat tapi masih cukup ramah dengan lidah Solo. Makin istimewa karena sambal bawang ini juga diberi sedikit minyak, rasanya sedikit berlemak, cocok bersandingan dengan daging ayam tulang lunak yang empuk.
Sambal dengan nama nyentrik ditawarkan di Restoran Ayam Goreng Malioboro. Ada sambal ajaib, berupa sambal bawang dengan tambahan kremes. Rasanya unik karena ada perpaduan pedas sambal dan asin gurih dari kremes. Lalu ada sambal bledek, disebut demikian karena rasanya ada tambahan teri kriuk di dalamnya. Dan yang terakhir, sambal joss gobyos. Nah, kalau Anda tak tahan pedas, jangan sekali-sekali mencoba sambal yang satu ini. Dijamin bisa langsung tergelepar saking pedasnya. Menurut Handoko, pemilik restoran, sambal joss gobyos adalah sambal pamungkas yang jadi andalan Restoran Malioboro. “Rasanya bikin tobat, tapi sekaligus bikin ketagihan,” kata dia.

Tak mau kalah, Cocol Sambal malah menyediakan tak kurang dari 17 jenis sambal untuk pendamping menu kremes. Kadar kepedasan sambal pun bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing pengunjung.

Oleh: Esmasari Widyaningtyas

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Vaksinasi dan Herd Immunity

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (16/12/2017). Esai ini karya Riris Andono Ahmad, Direktur Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Solopos.com, SOLO–Heboh outbreak penyakit difteri dan rendahnya cakupan imunisasi karena penolakan kelompok anti vaksin menimbulkan keresahan…