Sabtu, 3 April 2010 16:41 WIB News Share :

Komisi III segera panggil Susno dan Gayus

Jakarta–Mulai pekan depan Komisi III DPR akan memulai proses politik terhadap kasus mafia pajak senilai Rp 28 milyar. Gayus Tambunan dan Susno Duadji merupakan calon kuat untuk Komisi III mintakan keterangannya pada rapat pertama.

“Ada yang usul agar Susno dipanggil, ada juga yang minta Gayus dipanggil,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Fachri Hamzah, di sela diskusi bertajuk Tuntaskan Skandal Century di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/4).

Keputusan siapa dari dua ‘tokoh utama’ kasus mafia pajak dan hukum yang pertama dipanggil, akan diputuskan dalam rapat Senin pekan depan. Tetapi tidak tertutup kemungkinan keduanya DPR panggil pada hari yang sama.

“Besok kita bicarakan siapa yang akan dipanggil. Sedangkan pemanggilannya kita mulai Selasa,” imbuh Fachri.

Menyinggung kemungkinan memintai keterangan Menkeu Sri Mulyani atas mekanisme pengawasan internal di jajaran lembaga di bawah Kementerian Keuangan RI, menurut Fachri yang berwenang melakukannya adalah Komisi XI DPR. Kecuali bila sudah terbentuk Pansus Mafia Pajak antara Komisi III dan Komisi XI DPR.

“Bila ada pansus, maka kewenangannya melebihi instansi apa pun,” pungkas politisi dari PKS ini seraya menegaskan bahwa pembentukan Pansus Mafia Pajak bertujuan mengungkap dan mencegah terulangnya kasus Gayus Tambunan yang muaranya adalah menyelamatkan uang negara.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…