Jumat, 2 April 2010 13:35 WIB Ekonomi Share :

Kenaikan PPnBM belum dipastikan, diler pilih genjot penjualan unit

Solo (Espos)–Pelaku otomotif Kota Solo belum menerima kepastian kenaikan pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) 2010 yang rencananya berlaku per 1 April kemarin.

Pada waktu rencana kenaikan PPnBM yang belum dipastikan, pelaku otomotif pun memanfaatkannya untuk menggenjot penjualan unit kendaraan di awal tahun. Seperti disampaikan Pimpinan Nissan Solo, Ngurah Sebudi Jr.

“Awal april ini adalah kesempatan bagi diler untuk kembali menggenjot penjualan unit dan kesempatan pula bagi calon customer untuk mendapatkan unit kendaraan dengan harga terjangkau sebelum akhirnya nanti pemerintah menetapkan kenaikan PPnBM,” tutur Ngurah, saat ditemui wartawan seusai pembukaan 2nd MOST Auto Show, di Solo Square, Kamis (1/4).

Ia menyampaikan, kalangan diler memang awalnya sudah khawatir dengan adanya rencana kenaikan PPnBM tahun ini. “Biasanya per 1 April kami sudah bisa mendapatkan kepastian atas kebijakan pemerintah tersebut. Tetapi belum ada kepastian.”

Di Nissan sendiri, ada beberapa unit kendaraan yang berpotensi mengalami kenaikan harga jual jika kenaikan PPnBM ditetapkan. Di antaranya Nissan X-Trail dan Serena.

Senada disampaikan Pimpinan Nasmoco Solobaru, Djoko Prasongko. Nasmoco yang merupakan diler unit Toyota pun berharap, dengan tertundanya kepastian kenaikan PPnBM bisa direspon positif oleh pasar untuk segera membeli unit kendaraan. Sehingga, diawal tahun ini Toyota bisa kembali menggenjot penjualan seperti halnya yang terjadi pada Januari dan Maret 2010.

Ketua Masyarakat Otomotif Surakarta (MOST), Ibnu R Sahoer, membenarkan bahwa isu kenaikan PPnBM hingga 1 April 2010 belum bisa dipastikan. Sehingga, pelaku otomotif Solo bisa menggenjot penjualan unitnya sehingga bisa mendorong pencapaian target penjualan unit di tahun 2010.

Ia mengatakan, unit kendaraan dengan kapasitas di atas 1.500 cc yang dipastikan terkena dampak kenaikan PPnBM memiliki pangsa pasar yang cukup bagus di Solo. Sebut saja, Hilux, X-Trail, Serena, Pajero, Hyundai, Lanzer, Grand Max, Travello dan beberapa merk lainnya.

Disampaikannya, triwulan I 2010 ini penjualan unit kendaraan di Solo meraih pencapaian terbaik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

haw

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…