Soloraya
Jumat, 2 April 2010 - 21:10 WIB

Elevasi WGM naik munculkan endapan sampah dan lumpur

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Bertambah tingginya permukaan air atau elevasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri telah mengakibatkan endapan sampah dan lumpur dengan volume cukup besar sehingga berpotensi membuat intake ke turbin PLTA tersumbat.

Pihak Perum Jasa Tirta (PJT) selaku pengelola WGM telah mengangkat endapan sampah dan lumpur tersebut. Dari upaya penyelaman yang dilakukan pada Senin-Selasa (29-30/3), kemudian dilanjutkan pada Jumat (2/4), telah berhasil diangkat endapan sampah dan lumpur mencapai 17 truk ukuran sedang.

Advertisement

Sementara itu, berdasarkan pantauan Espos, tinggi permukaan (elevasi) WGM telah jauh menurun dibandingkan kali pertama dua pintu pelepasan atau spillway dibuka, Selasa (30/3) lalu.

Namun demikian, hingga kemarin dua pintu spillway itu masih dibuka. Hanya, debit air yang dilepas telah jauh berkurang dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 250 m3 per detik.

“Siang ini pintu memang masih dibuka dengan debit 50 m3 per detik, sedangkan ketinggian airnya sudah turun menjadi 135,90 meter. Kami akan melihat dulu curah hujan di atas (hulu-red) seperti dari Jatisrono, Pracimantoro dan sekitarnya,” jelas Kepala Divisi Air dan Sumber Air Bengawan Solo PJT, Winarno, kepada Espos.

shs

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif