Kamis, 1 April 2010 15:42 WIB News Share :

Polri deteksi aliran dana rekening gayus

Jakarta–Staf ahli Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Kastorius Sinaga, mengatakan polisi berhasil mendeteksi aliran dana dari rekening Gayus Halomoan Tambunan senilai Rp 28 miliar.

Pertama, yakni level induk yaitu sebesar Rp 28 miliar. “Lalu masuk level kedua, uang tersebut dipecah ke berbagai rekening,” kata Kastorius di Markas Besar Polri, Kamis (1/4).

Pada level kedua, katanya, dari uang senilai itu, dipecah ke rekening Gayus yang lain senilai Rp 10 miliar, ke rekening istrinya sekitar Rp 3,6 miliar, dan ke rekening SA Rp 12,3 miliar.

SA, menurut Kastorius, masih berhubungan keluarga dengan istri Gayus. “Suami SA adik atau kakak Milana (istri Gayus),” katanya.

Pada level ketiga, menurut dia, uang Rp 28 miliar juga masuk ke rekening Andi Kosasih sebanyak Rp 1,9 miliar. Uang itu di antaranya dialirkan lagi ke rekening istri Andi sebanyak Rp 1,2 miliar, sedangkan sisanya diketahui ke rekening orang berinisial Y. “Y masih diselidiki hubungannya dengan Andi dan Gayus,” katanya.

Sampai sejauh ini, ujar Kastorius, polisi baru bisa mendeteksi kasus ini di level ketiga. “Sekarang kami sedang fokus ke mana larinya uang sebanyak Rp 6,2 miliar yang ditarik tunai Gayus,” katanya.

tempointeraktif.com

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…