News
Kamis, 1 April 2010 - 16:31 WIB

KRI Dewaruci bertolak ke India

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kapal latih tiang tinggi taruna TNI Angkatan Laut KRI Dewaruci kini tengah berada di Samudra Hindia menuju Cochin (India) untuk memulai kunjungan muhibah ke sembilan negara di Eropa.

“Kini Dewaruci kini tengah berada di Samudra Hindia, menuju ke Colombo lanjut ke Cochin (India),” kata juru bicara TNI Angkatan Laut Kolonel  Laut (P) Herry Setianegara di Jakarta, Kamis (1/4).

Advertisement

Kapal Latih Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) KRI Dewaruci dengan komandan Letkol Laut (P) Suharto, selain melaksanakan operasi muhibah Kartika Jala Krida selama sembilan bulan ke wilayah Eropa, akan mengikuti lima perlombaan kapal layar tinggi internasional di  negara yang disinggahi.

Kelima perlombaan kapal layar tiang tinggi yang akan diikuti antara lain, The Historical Seas Tall Ships Regatta yang akan menempuh jarak 945 mil laut mulai dari Volos (Burgaria) sampai Lavrion (Yunani), The Tall Ships Race 2010 in Aalborg, kurang lebih sejauh 600 mil laut mulai dari Aalborg (Dermark) menuju Norwegia dan berakhir  di Hartepool (Inggris).

Selanjutnya, Dewaruci akan mengikuti Sail Amsterdam Festival, di Amsterdam (Belanda), Sail Bremerhaven Festival di  Bremerhaven (Jerman) dan Festival Internationale Mediterraneo E Velieri, di Cagliari Italia.

Advertisement

Herry menambahkan, KRI Dewaruci sering mengikuti perlombaan kapal layar tiang tinggi di seluruh dunia dan juga mendapat juara dalam setiap perlombaan ini.

Muhibah Dewaruci ke sembilan negara Eropa kali ini dalam rangka Operasi Kartika Jala Krida  yang dilaksanakan rutin oleh TNI AL,  bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan  bagi Kadet AAL mengenai pelayaran astronomi serta sebagai wujud peran diplomasi TNI AL dalam mempererat hubungan antar Angkatan Laut Negara-negara yang dikunjungi.

“Selain itu juga membantu misi sebagai duta bangsa untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia di manca negara,” kata Herry.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : India KRI Dewaruci
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif