News
Rabu, 31 Maret 2010 - 19:07 WIB

PU beri subsidi Rp 600 M untuk tol Semarang-Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarang (Espos)–Kementerian Pekerjaan Umum melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) memberikan subsidi dana senilai Rp 600 miliar untuk percepatan pembangunan ruas Bawen-Solo pada proyek jalan tol Semarang-Solo.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Nurdin Manurung menyatakan alokasi subsidi dana tersebut akan dianggarkan pada APBN 2011.

Advertisement

“Kalau untuk pelaksanaan pembangunan tol Semarang-Bawen tak ada masalah, sedang guna percepatan tol Bawen-Solo akan diberikan subsidi dana Rp 600 miliar,” katanya kepada wartawan di sela Konsultasi Regional Kementerian Pekerjaan Umum Wilayah Barat di Semarang, Rabu (31/3).

Kegiatan yang dihadiri peserta dari 16 provinsi ini, dibuka Menteri PU Joko Kirmanto dan dihadiri Gubernur Jateng Bibit Waluyo.
Lebih lanjut, Nurdin menyatakan sebenarnya ruas jalan tol Bawen-Solo secara hitung-hitungan bisnis baru layak dibangun pada tahun 2015.

Pasalnya sekarang ini arus lalulintas kendaraan di jalur tersebut belum terlalu padat, sehingga untuk kembali modal atau <I>break even point<I> membutuhkan waktu lama.

Advertisement

“Tapi bila ingin dilakukan percepatan tak masalah, BPJT akan memberikan dana subsidi Rp 600 miliar,” tandasnya.

Dia menambahkan pada lima tahun ke depan di seluruh Indonesia akan dibangun jalan tol dengan total sepanjang 800 km.

“Sedang saat ini total jalan tol yang telah dibangun sepanjang 700 km,” katanya tanpa memerinci luas jalan tol yang akan dibangun itu.

Advertisement

Sementara Menteri PU Joko Kirmanto menyatakan, pada APBN 2010 telah dialokasikan anggaran dana senilai Rp 16 triliun untuk pembangunan jalan, termasuk jalan tol.

oto

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif