Rabu, 31 Maret 2010 - 13:15 WIB

Pesawat Boeing nyaris tabrakan di udara

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

California–Benar-benar mujur. Sebuah pesawat komersial AS nyaris mengalami kecelakaan di udara. Pesawat Boeing 777-222 yang mengangkut 268 orang itu nyaris saja bertabrakan dengan sebuah pesawat kecil.

Insiden itu dialami pesawat United Airlines bertujuan Beijing, China setelah lepas landas dari Bandara Internasional San Francisco, AS.

Advertisement

Investigator Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS atau National Transportation Safety Board(NTSB) tengah mengarah ke Kota California untuk menyelidiki bagaimana dua pesawat itu nyaris bertabrakan.

Menurut NTSB, pesawat dengan nomor penerbangan 889 itu mengangkut 251 penumpang dan 17 kru. Awalnya pesawat United Airlines itu telah melesat ke atas hingga ketinggian sekitar 335 meter. Saat itulah tiba-tiba alarm peringatan tabrakan berbunyi. Pilot Boeing melihat pesawat kecil pribadi Aeronca 11AC.

Menurut NTSB dalam statemennya, seperti dilansir AFP, Rabu (31/3/2010), sistem pencegahan tabrakan Boeing mengeluarkan peringatan “adjust vertical speed” atau “Sesuaikan Kecepatan Vertikal” yang diikuti dengan peringatan “descen, descend” atau “Turun, Turun”.

Advertisement

Pilot Boeing pun dengan cepat menurunkan ketinggian pesawat dan melihat perut sebuah pesawat kecil di atas pesawat Boeing. Di saat genting tersebut, jarak antara kedua pesawat tersebut diperkirakan 60 hingga 90 meter saja.

Untunglah kecelakaan tersebut bisa dihindari. Pilot Boeing kemudian memberitahu menara pengawas tentang insiden itu dan melanjutkan perjalanan ke Beijing dengan selamat.

dtc/rif

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif